Kompas TV olahraga kompas sport

Mantan Pemain NBA Caleb Swanigan, Meninggal Dunia di Usia 25 Tahun

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 11:53 WIB
mantan-pemain-nba-caleb-swanigan-meninggal-dunia-di-usia-25-tahun
Mantan pemain NBA, Caleb Swanigan meninggal di usia 25 tahun di Lutheran Hospital in Fort Wayne, Indiana pada Senin (20/6/2022) waktu setempat (Sumber: Twitter/trailblazers)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan pemain NBA, Caleb Swanigan, meninggal di usia 25 tahun. Ia merupakan mantan Big Ten Player of the Year dari Purdue dan 2016-2017.

Caleb Swanigan meninggal di Lutheran Hospital in Fort Wayne, Indiana pada Senin (20/6/2022) waktu setempat. Pihak keluarga membenarkan kematian tersebut, seperti dilaporkan kanal berita olahraga CBS Sport, dikutip Rabu (22/6/2022).

Akun Twitter resmi Purdue Men's Basketball yang telah bercentang biru juga memberikan kabar tersebut sekaligus berbelasungkawa.

"Rasanya hancur. Pikiran dan doa kami untuk keluarga dan teman-teman Caleb Swanigan. Dunia kehilangan jiwa yang lembut tadi malam. Kami mencintaimu Biggie," tulis akun @BoilerBall.

Baca Juga: Rayakan Gelar Juara NBA 2022, Pemain Warriors Draymond Green: Kami yang Terbaik

 

Pelatih Purdue Matt Painter juga mengonfirmasi kabar tersebut. Di matanya, Caleb Swanigan merupakan sosok yang berbakat dan memiliki hati yang lembut.

"Keluarga bola basket Purdue sangat sedih dan hancur karena kehilangan Caleb Swanigan. Caleb adalah individu yang sangat bijaksana dan jiwa yang lembut yang unggul baik di dalam maupun di luar lapangan. Dia membuat perbedaan besar dalam kehidupan setiap orang yang dia sentuh dan dia akan sangat dirindukan," kata Matt Painter.

Tidak diketahui pasti penyebab pria yang akrab disapa "Biggie" itu meninggal, namun menurut laporan Fort Wayne, Indiana, stasiun TV WANE, yang mengutip Kantor Pemeriksa Wilayah Allen, Caleb Swanigan meninggal karena sebab alami.

Caleb sempat terbuka mengenai situasinya yang tidak stabil saat tumbuh dewasa. Ayahnya, Carl adalah pengguna kokain. Bahkan ia mengaku tinggal di tempat penampungan tunawisma lima kali.

Baca Juga: Warriors Juara NBA 2022, Stephen Curry: Yang Ini Terasa Berbeda

Ayah Caleb meninggal karena menderita penyakit diabetes pada tahun 2014, sebelum Caleb mendaftar di Purdue.

Karir Caleb di bola basket dimulai setelah mantan bintang Purdue Roosevelt Barnes menjadi walinya di Fort Wayne. Keputusan itulah yang membawanya menjadi salah satu pemain bola basket sekolah menengah terbaik.

Caleb pernah masuk Ten Player of the Year dari Purdue dan 2016-2017 dengan rata-rata mencetak 18,5 poin, 12,5 rebound, dan 3,1 assist untuk tim Purdue yang meraih 27-8 dan membuat Sweet 16.

Ia terpilih untuk NBA Draft dengan peringkat keseluruhan ke-26 pada tahun 2017 oleh Portland Trail Blazers, di mana dia bermain selama dua musim.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Golden State Warriors di FInal NBA 2021-2022

Setelah kembali ke Blazers, Caleb memilih untuk tidak bermain di NBA Bubble 2020 karena alasan pribadi dan karirnya tidak pernah pulih pascapandemi. Secara total, ia memainkan 75 pertandingan NBA dalam tiga musim.

Terakhir kali Caleb Swanigan menjadi berita utama adalah ketika ditangkap di negara asalnya Indiana karena kepemilikan ganja pada tahun 2021. Ia menerima hukuman 180 hari pelayanan masyarakat dan pendaftaran kursus pengobatan kecanduan.



Sumber : CBS Sport, The Sun


BERITA LAINNYA



Close Ads x