Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Perbedaan Harga Emas Batangan di Pegadaian dan di Butik Emas Antam, Pilih Mana?

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 12:27 WIB
perbedaan-harga-emas-batangan-di-pegadaian-dan-di-butik-emas-antam-pilih-mana
Ilustrasi - Harga emas batangan Antam. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV – Investasi emas mungkin sudah sering Anda dengar. Di Indonesia, satu dari banyaknya produsen emas adalah PT Aneka Tambang (Antam). Emas Antam mendapat sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) sehingga produknya diakui secara internasional.

"Logam mulia Antam merupakan emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. yang sebelumnya merupakan BUMN dan kemudian sahamnya dialihkan oleh pemerintah menjadi anak perusahaan PT Inalum sebagai anggota holding," dikutip dari Pegadaian di laman resminya. 

Baik Antam dan Pegadaian sama-sama menawarkan jasa untuk investasi emas. Harga emas batangan Antam di Butik Emas Antam ini umumnya lebih murah dibandingkan dengan harga emas Antam di Pegadaian. Mengapa demikian?

Terdapat Margin

Pegadaian adalah mitra bisnis Antam. Artinya, Pegadaian menjadi penjual sekunder atau membeli emas dari Antam. Oleh sebab itu, Pegadaian yang merupakan tangan kedua akan menjual barang sedikit lebih mahal untuk mendapat selisih keuntungan atau margin penjualan.

Baca Juga: Harga Emas Batangan di Pegadaian Hari Ini Bergeming di Level Rp 1.034.000 per gram

Di sisi lain, karena Pegadaian merupakan pihak sekunder maka emas yang dijual bukan hanya Antam, tapi ada UBS, dan sejenisnya yang bisa dijual kembali ke Pegadaian 97 persen dari harga beli.

Sementara, harga di Butik Emas LM Antam yang bisa Anda pesan secara online lewat logammulia.com lebih murah karena langsung dengan unit bisnis produsennya.

Dengan kata lain, Pegadaian hanya memberi layanan investasi emas saja, bukan memproduksi emas. Namun, Pegadaian bekerja sama dengan Antam untuk menyediakan stok fisik emas.

Baca Juga: Harga Emas Antam Rabu Ini Turun ke Level Rp 993.000 Per Gram

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.