Kompas TV nasional politik

Survei Litbang Kompas, Hanya Ganjar Pranowo yang Elektabilitas sebagai Capres 2024 Naik Terus

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 10:37 WIB
survei-litbang-kompas-hanya-ganjar-pranowo-yang-elektabilitas-sebagai-capres-2024-naik-terus
Elektabilitas Capres Papan Atas berdasarkan Surveil Litbang Kompas periode Juni 2022. Prabowo Subianto ditandai warna oranye, Ganjar berwarna merah, dan Anies berwarna hitam (Sumber: Capture Kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hasil survei Litbang Kompas, ada 3 nama yang menyerap tiga perlima dari total elektabilitas semua nama yang digadang-gadang maju di pemilihan presiden 2024.

Ketiga nama itu adalah, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Dari tiga nama di papan atas terekam, sejak survei elektabilitas capres dilakukan oleh Litbang Kompas, hanya Ganjar Pranowo yang posisi terus naik.

Sebagai informasi, Litbang Kompas TV sudah menggelar survei untuk mengetahui elektabilitas capres sejak Oktober 2019. Survei yang dilakukan periode Juni 2022, adalah survei ketujuh yang dilakukan oleh Litbang Kompas.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Terbaru, Tidak Ada Muhaimin Iskandar dan Puan Maharani di Elektabilitas Capres

Untuk survei litbang Kompas periode Juni 2022, Prabowo Subianto masih menempati urutan pertama dengan dukungan 25,3 persen.

Namun, perolehan dukungan bagi Prabowo periode kali ini turun jika membandingkan dengan survei Litbang Kompas yang dilakukan Januari 2022, yakni 26,5 persen.

Jika memotret perolehan elektabilitas dalam survei Litbang Kompas sejak Oktober 2019, Prabowo mendapatkan dukungan 14,7 persen, naik menjadi 15,7 persen pada Agustus 2020.

Kemudian pada Januari 2021, elektabilitas Prabowo sempat merosot ke angka 12 persen. Tapi kemudian pada April 2021, melesat ke angka 16,4 persen.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: 67,7 Persen Responden Teguh Pilih Capresnya Meski Parpol Tidak Tunjuk

Lalu pada survei Litbang Kompas yang dilakukan Oktober 2021, elektabilitas Prabowo turun lagi menjadi 13,9 persen sebelum akhirnya meroket ke angka 26,5 persen di periode Januari 2022.

Di urutan kedua, ada Ganjar Pranowo yang pada survei Litbang Kompas periode Juni 2022 mendapatkan dukungan 22 persen.

Elektabilitas Ganjar tercatat selalu naik, jika mengacu pada perolehan elektabilitas di survei Litbang Kompas sejak Oktober 2019.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.