Kompas TV regional berita daerah

Warga Keluhkan Harga Cabai dan Telur

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 10:29 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Seperti para pedagang yang berjualan di Pasar Pagi Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin pagi mereka mengeluhkan harga berbagai jenis cabai dan telur ayam. Hingga saat ini harga cabai rawit merah bertahan di kisaran diatas Rp 85 ribu rupiah per kilogram. 

 

Selain cabai rawit merah, harga jenis cabai lainnya juga ikut tinggi. Cabai keriting dijual rp 75 ribu rupiah per kilogram, cabai rawit hijau dijual Rp 65 ribu rupiah per kilogram, cabai merah besar dijual Rp 60 ribu rupiah per kilogram. 

 

Pedagang mengeluhkan kondisi ini. Akibat tingginya harga tersebut omset penjualan menurun drastis. Pedagang juga kesulitan mencari keuntungan.

 

Tingginya harga tersebut diduga akibat banyak tanaman cabai milik petani yang rusak karena iklim dan cuaca buruk yang terjadi pada tahun ini.

 

Sementara harga telur ayam per hari ini mengalami penurunan harga seribu Rupiah per kilogram. Saat ini telur ayam dijual Rp 27 ribu rupiah per kilogram. Sudah lebih dari sepekan harga telur ayam bertahan di kisaran Rp 28 ribu rupiah per kilogram. 

 

Menurut salah satu pedagang telur, Josh mengatakan masih tingginya harga telur ayam karena dipengaruhi kenaikan harga pakan ternak.

 

Para pedagang berharap Pemerintah segera menstabilkan harga berbagai kebutuhan agar dirinya bisa berjualan dengan lancar. Akibat tingginya harga ini, omset penjualan menurun drastis. Selain omset menurun pedagang kesulitan mencari keuntungan, karena banyak konsumen yang menawar dan mengurangi Pembelian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.