Kompas TV regional berita daerah

Cemas, Ribuan Nakes Honorer Gelar Unjuk Rasa di Gedung DPRD Brebes

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 09:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BREBES, KOMPAS.TV - Ribuan tenaga kesehatan (nakes) honorer di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar aksi unjuk rasa di gedung DPRD Brebes Senin (20/6/2022) siang. Para nakes menuntut kesejahteraan nasibnya untuk bisa masuk formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK. Upaya ini dilakukan karena mereka cemas, pemerintah pada 2023 berencana akan melakukan penghapusan pegawai honorer.

Usai melakukan orasi, ribuan honorer ini kemudian melakukan doa bersama dengan bersujud di halaman gedung wakil rakyat tersebut. Mereka berharap, pemerintah bisa menjadikan mereka sebagai pegawai PPPK seperti ribuan guru honorer yang telah diangkat menjadi PPPK.

Perwakilan nakes honorer ini, kemudian melakukan audensi dengan Pemkab Brebes dan anggota DPRD Brebes. Ketua Forum Tenaga Kesehatan Honorer (FTKH) Brebes, Bambang Kuntoro, menjelaskan ada sebanyak 2.119 nakes honorer di Brebes saat ini butuh kejelasan nasib mereka. Terlebih gaji yang mereka dapat selama ini jauh lebih dari layak.

"Tuntutannya kita bisa diakomodir seperti tenaga pendidikan di Kabupaten Brebes," ujar Bambang.

DPRD Kabupaten Brebes merespon tuntutan nakes untuk segera diproses menjadi pegawai PPPK dengan menyesuaikan anggaran. Diharapkan pemerintah harus bisa memikirkan nasib honorer agar bisa diangkat masuk menjadi pegawai PPPK, dengan mengalokasikan anggaran dari dana alokasi umum (DAU).

Menanggapi tuntutan nakes honorer, Pemkab Brebes akan segera berkirim surat ke pemerintah pusat sambil melakukan validasi jumlah total nakes honorer yang akan diusulkan, agar bisa menjadi PPPK. Usai melakukan aksi demo, ribuan nakes honorer membubarkan diri dengan tertib dengan pengamanan polisi.

#brebes #nakes #dprd

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x