Kompas TV nasional politik

Survei Litbang Kompas Terbaru, Tidak Ada Muhaimin Iskandar dan Puan Maharani di Elektabilitas Capres

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 09:47 WIB
survei-litbang-kompas-terbaru-tidak-ada-muhaimin-iskandar-dan-puan-maharani-di-elektabilitas-capres
Pergerakan elektablitas capres berdasarkan survei litbang Kompas (Sumber: Kompas id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei litbang Kompas periode Juni 2022 menunjukkan tidak ada nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani.

Pada papan tengah elektabilitas capres 2024, survei Litbang Kompas mencatat ada 7 nama yang juga memiliki peluang untuk dipilih pada Pilpres 2024. Namun, dari 7 nama di papan tengah tidak ada yang mendapatkan elektabilitas lebih dari 5 persen.

Tertinggi pertama elektabilitas capres 2024 pada papan tengah berdasarkan hasil survei Litbang Kompas ditempati oleh Sandiaga Uno. Kemudian disusul oleh Agus Harimurti Yudhoyono, Basuki Tjahaja Purnama, Ridwan Kamil, Tri Rismaharini, Andika Perkasa, dan Erick Thohir.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: 67,7 Persen Responden Teguh Pilih Capresnya Meski Parpol Tidak Tunjuk

Padahal sebagaimana diberitakan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar banyak sekali melakukan pertemuan politik terkait Pilpres 2024.

Tak hanya itu, Muhaimin Iskandar bahkan secara terbuka mengajak sejumlah nama-nama popular untuk diajak menjadi pasanganannya sebagai bakal cawapresnya di Pilpres 2024.

Sebut saja, Anies Baswedan, Erick Thohir, Sandiaga Uno, hingga Sri Mulyani.

Sementara dengan Puan Maharani, sebelumnya anak Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat santer diprediksi akan maju di Pilpres 2024. Namun hasil terbaru survei Litbang Kompas, justru menunjukkan nama Puan tidak ada di papan tengah maupun papan atas elektabilitas capres 2024.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Figur Prabowo, Ganjar, dan Anies Masih Mengikat Loyalitas Pemilih

Sementara itu, pada papan atas elektabilitas capres 2024 dalam survei Litbang Kompas, ada 3 nama yang menyerap tiga perlima dari total elektabilitas semua nama yang digadang-gadang maju di pemilihan presiden 2024.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.