Kompas TV olahraga kompas sport

FA Inggris Pastikan Posisi Gareth Southgate di Timnas Aman

Kompas.tv - 22 Juni 2022, 06:15 WIB
fa-inggris-pastikan-posisi-gareth-southgate-di-timnas-aman
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, gagal membawa timnya menjadi juara Euro 2020 setelah kalah adu penalti lawan Italia di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. (Sumber: Carl Recine/Pool Photo via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asosiasi sepak bola Inggris, FA, memastikan posisi Gareth Southgate tetap aman di Timnas Inggris meski meraih hasil buruk di UEFA Nations League.

The Three Lions hanya meraih dua poin dari empat pertandingan yang telah dijalani, di mana pada laga terakhir mereka takluk 0-4 kepada Hungaria.

Kekalahan tersebut menjadi kekalahan kandang terburuk Inggris dalam 94 tahun terakhir.

Posisi mereka pun terancam terdegradasi ke Nations League B dengan dua pertandingan tersisa.

Meski begitu, FA memastikan posisi Southgate tetap aman.

Pelatih berusia 51 tahun itu masih akan memimpin Timnas Inggris pada Piala Dunia 2022 Qatar yang akan bergulir akhir tahun ini.

"Pendapat pribadi saya tentang Gareth adalah bahwa dia, berdasarkan fakta di lapangan, adalah manajer Inggris paling sukses yang kami miliki selama 55 tahun terakhir," kata Ketua FA Debbie Hewitt dikutip dari Sky Sports, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Inggris Digebuk Hungaria 0-4, Gareth Southgate Sakit Hati


"Yang tidak banyak dilihat orang adalah Gareth di kamp pelatihan dan budaya yang dia ciptakan."

“Sebelum Gareth menjadi manajer Inggris, tidak ada kebanggaan mengenakan seragam Inggris. Ada persaingan klub yang pernah kami baca. Para pemain tidak bersatu," ujarnya.

"Dia mengubahnya tanpa terlihat dan saya telah melihatnya secara langsung."

"Saya juga akan mengatakan bahwa saya tidak hanya bekerja di sepak bola, saya bekerja dalam bisnis dan saya telah bekerja dengan banyak kepala eksekutif dan keterampilan Gareth - dengan IQ tinggi dan EQ tinggi - akan membuatnya menjadi kepala eksekutif di semua bidang sepak bola," pujinya.

"Ketangguhan dan akuntabilitas itu (adalah) dua kualitas yang paling saya kagumi. Tidak ada ketidakseimbangan, dia tidak gusar, dia tangguh dan itulah yang Anda inginkan dari seorang manajer Inggris."

Meski performa Inggris sedang buruk, keberhasilan di Euro 2020 menjadi capaian tersendiri bagi Southgate.

Hal tersebutlah yang mendasari posisi Southgate untuk memimpin Harry Kane dan kawan-kawan dalam Piala Dunia 2022 Qatar, tetap tak goyah.

Baca Juga: Timnas Inggris Jeblok di Nations League, Raheem Sterling Bela Gareth Southgate



Sumber : Sky Sports

BERITA LAINNYA



Close Ads x