Kompas TV nasional rumah pemilu

Penyebab Elektabilitas Partai pendukung Pemerintah Cenderung Stagnan dan Menurun

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 23:12 WIB
penyebab-elektabilitas-partai-pendukung-pemerintah-cenderung-stagnan-dan-menurun
Elektabilitas Parpol sesuai hasil Survei Litbang Kompas (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA , KOMPAS.TV – Hasil survei Litbang Kompas pada Bulan Juni 2022, elektabilitas sejumlah partai pendukung pemerintah cenderung stagnan bahkan menurun. Hal itu tidak lepas dari kinerja pemerintah.

Penjelasan itu disampaikan oleh Anita Yossihara, Wakil Kepala Desk Politik dan Hukum Harian Kompas, dalam diskusi di Space Twitter Kompas Data, Selasa (21/6/2022).

Dalam diskusi itu, Anita membandingkan antara partai pendukung pemerintah dan parpol nonpemerintah alias partai yang bukan pendukung pemerintah.

“Kalau dari hasil survei Litbang Kompas kemarin kan bisa diketahui bahwa sebenarnya partai-partai pendukung pemerintah itu elektabilitasnya cenderung stagnan dan cenderung turun,” tutur Anita.

“Hanya Golkar yang naik dari 8,6 persen jadi 10.3 persen.”

Meski elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) juga meningkat dari 2,5 persen menjadi 3,6 persen,  menurut Anita, hal itu karena PAN bergabung dalam partai pendukung pemerintah.

Baca Juga: Megawati Minta Kader PDIP Jangan Terlena Hasil Survei, Pakar Komunikasi Politik UPI: Ada 2 Makna

“Kalau saya lihat kenapa parpol-parpol pemerintah ini elektabilitasnya stagnan dan cenderung turun, itu tidak akan lepas dari kinerja pemerintah.”

Ia menjelaskan hasil survei yang juga digelar oleh Litbang Kompas mengenai tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

Berdasarkan hasil survei tersebut, lanjut Anita, kepuasan publik terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin menurun dari 73,9 persen menjadi 67,1 persen.


Hal ini tentu sangat berpenagaruh dengan elektabilitas partai politik pendukung pemerintah, karena masyarakat di lapangan pasti akan mengaitkan kenaikan harga, penegakan hukum dan lainnya dengan partai pendukung pemerintah.

“Dari situ, mungkin itu yang membuat elektabilitas partai-partai pendukung pemerintah cenderung stagnan. PDIP walaupun misalnya di atas, dia masih sama, stagnan di angka 22 persen.”

Konsistensi Partai Demokrat

Anita menyebut, hal yang paling menarik dari hasil survei tentang elektabilitas partai politik tersebut adalah fenomena Partai Demokrat.

Partai Demokrat, ungkap Anita, konsisten menjadi partai oposisi sejak Pemilu 2014.

Keputusan sebagai oposan tersebut memang sempat menyebabkan elektabilitas partai itu menurun, tetapi kemudain perlahan kembali meningkat.

“Kemudian dalam survei tahun ini, dari Januari lalu naik jadi 10,7 persen, dan Juni ini menjadi 11,6 persen.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x