Kompas TV nasional sosial

Bertemu Presiden Jokowi, Dirjen WHO Puji Capaian Vaksinasi Indonesia

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 20:42 WIB
bertemu-presiden-jokowi-dirjen-who-puji-capaian-vaksinasi-indonesia
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 21 Juni 2022. (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L Marsudi menyebut Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memuji capaian vaksinasi Indonesia.

Pujian tersebut disampaikan Ghebreyesus saat bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari ini, Selasa (21/6/2022).

Menlu Retno yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa Dirjen WHO menyampaikan apresiasi kepada Indonesia untuk capaian dalam mengatasi pandemi Covid-19 di tanah air.

Menurut Ghebreyesus, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pencapaian terbaik di bidang vaksinasi dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Baca Juga: Covid-19 Jakarta: Kasus Harian Capai 730, Persentase Kasus Positif 5,7 Persen Lewati Batas WHO


"Dirjen WHO berbicara mengenai masalah vaksinasi dan beliau menyatakan bahwa Indonesia adalah salah satu dari best achievement, kalau dipertandingkan dengan rata-rata achievement yang dicapai oleh negara-negara di dunia," ungkap Retno seusai pertemuan, dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Kabinet (Setkab).

Ia juga menyebut, Dirjen WHO menilai sistem kesehatan utama dan asuransi kesehatan wajib di Indonesia telah berjalan dengan baik.

Dalam pertemuan itu, lanjut Retno, WHO juga menyatakan masih terus melakukan pengawasan terhadap pandemi Covid-19 meski kasus Covid-19 di dunia sudah mulai stabil.

"Tadi disampaikan juga oleh Dirjen bahwa walaupun situasi kasus Covid-19 di dunia sudah mendatar, namun beliau menyatakan bahwa pandemi belum selesai dan kita masih memantau terus, WHO masih memantau terus munculnya varian-varian baru," ucap Retno.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Naik, WHO Rekomendasikan Sejumlah Aturan

Ghebreyesus juga disebut memuji Indonesia dalam kepemimpinan di G20.

"Dirjen WHO betul-betul mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di dalam G20," ujar Retno.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi juga oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Sementara itu, Dirjen WHO didampingi oleh Pj. Perwakilan WHO untuk Indonesia Shalala Ahmadova.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x