Kompas TV video back to bdm

Nama Jalan di Jakarta Diubah dengan Nama Seniman Betawi, Ini Tanggapan Warga

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 19:00 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nama tokoh dan seniman betawi, Nuri Surinuri alias Mpok Nori, kini diabadikan sebagai nama jalan di Jakarta Timur. 

Plang Jalan Mpok Nori pun telah terpasang menggantikan plang nama Jalan Raya Bambu Apus, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung.

Seniman Betawi lain yaitu, Haji Bokir Bin Dji'un, juga diabadikan menjadi nama jalan.

Jalan Haji Bokir Bin Dji’un mengantikan nama jalan sebelumnya yaitu Jalan Raya Pondok Gede yang membentang dari simpang Jalan Raya Bogor atau pertigaan hek hingga persimpangan lampu merah Tamini Square.

Tak hanya itu, nama tokoh legenda Jakarta, Bang Pitung juga menjadi nama jalan, menggantikan Jalan Raya Kebayoran Lama yang berada disisi wilayah Palmerah, Jakarta Barat.

Baca Juga: Daftar 22 Jalan yang Diubah Anies Baswedan Menggunakan Nama Tokoh Betawi

Pergantian nama ini mendapat respon positif dari masyarakat sekitar.

Mereka mendukung langkah Pemprov DKI dalam pergantian nama tersebut.

Meski demikian, mereka minta adanya penyelarasan data identitas diri, pasca pergantian nama jalan yang tentunya berdampak pada alamat mereka tinggal.

Tak hanya Mpok Nori dan Haji Bokir, ada 22 jalan, 5 perkampungan serta 2 gedung yang diganti oleh Pemprov DKI Jakarta dengan nama tokoh-tokoh Betawi.

Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut Jakarta Hajatan ke-495 dan mengenang jasa para pendahulu khususnya masyarakat Betawi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x