Kompas TV nasional aiman

Reshuffle Demi Pilpres & IKN? - AIMAN

Selasa, 21 Juni 2022 | 21:00 WIB

Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Reshuffle alias perombakan kabinet, kembali dilakukan Presiden Joko Widodo. Ini adalah kali ketiga Jokowi lakukan reshuffle di periode kedua kepemimpinannya. Percepatan pemulihan ekonomi disebut sebagai alasan. Namun, banyak pihak sangsi. Jangan-jangan ada agenda “terselubung” dalam reshuffle kali ini.

Ada beberapa alasan. Presiden Jokowi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Mantan Menteri Kehutanan era Presiden SBY ini, tak pernah terdengar rekam jejak di bidang perdagangan. Hal ini lantas menguatkan opini publik, agenda politik lah yang jadi alasan perombakan. Benarkah?

Masuknya PAN dalam Kabinet Jokowi, memang bukan kali ini terdengar. Suara-suara soal memberi “jatah kursi” bagi PAN, mulai bergaung sejak santer terdengar wacana penundaan Pemilu. Namun, isu tersebut lalu menguap, seiring dengan dipastikannya Pemilu 2024 tetap berlangsung pada Februari 2024.

Lantas, apa agenda di balik perombakan kabinet kali ini? Benarkah ini adalah upaya memperkuat Koalisi Indonesia Bersatu, sebuah koalisi yang dibentuk Partai Golkar, PPP dan PAN, dimana muaranya adalah kepentingan dalam Pemilu 2024? Benarkah reshuffle ini juga upaya Jokowi memperkuat loyalisnya, sehingga agenda pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru, bisa terus berlangsung? Jurnalis senior Kompas TV, Aiman Witjaksono, mengupas fakta-faktanya untuk Anda!

Aiman bertemu Menteri Perdagangan baru, Zulkifli Hasan (Zulhas) dan ikut blusukan di salah satu pasar di kawasan Jakarta Utara. Bagaimana Zulhas menjawab keraguan publik akan kemampuannya menormalkan harga minyak goreng? Apa strateginya untuk membuat harga-harga pangan terjangkau? Bagaimana pula pendapat Zulhas soal isu pilpres di balik reshuffle dan maksud terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Selanjutnya, Aiman bertemu analis politik dari Indonesia Political Review, Ujang Komarudin. Ujang membeberkan sejumlah fakta dan agenda di balik perombakan kabinet Jokowi.

Saksikan “DI BALIK RESHUFFLE ALA JOKOWI” Premiere Selasa, 21 Juni 2022, Pukul 19.00 WIB, eksklusif di Kompas TV, Independen Terpercaya.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x