Kompas TV internasional kompas dunia

Lima Kota dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia Hari Ini, Jakarta Masih Termasuk?

Selasa, 21 Juni 2022 | 18:40 WIB
lima-kota-dengan-kualitas-udara-terburuk-di-dunia-hari-ini-jakarta-masih-termasuk
Ilustrasi parameter kualitas udara. (Sumber: Kompas.com/freepik.com/brgfx)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ranking kualitas udara dan polusi kota di situs informasi kualitas udara dunia IQAir menempatkan Skopje, Karachi, Santiago, Beijing dan Riyadh sebagai lima kota teratas dengan udara tidak sehat hari ini, Selasa (21/6/2022).

KOMPAS.TV memantau situs IQAir sore ini hingga pukul 18.15 WIB dan mendapati kota Skopje di Makedonia sebagai kota dengan kualitas udara paling tidak sehat dengan nilai indeks kualitas udara (AQI) 161.

Mengutip situs Korporasi Universitas untuk Penelitian Atmosfer UCAR, kualitas udara diukur menggunakan Indeks Kualitas Udara (AQI) berdasarkan konsentrasi polutan yang terkandung di udara di lokasi tertentu.

Baca Juga: Kualitas Udara di 4 Daerah di Indonesia Ini Tidak Sehat, Apa Itu Kualitas Udara?

Kota dengan kualitas udara terburuk hari ini, disusul dengan kota Karachi di Pakistan dengan nilai AQI 156, Santiago di Cile dengan AQI 154, Beijing di China dengan AQI 152, dan Riyadh di Arab Saudi dengan AQI 151.

Berdasarkan AQI Amerika Serikat (AS), tingkatan AQI di atas 150 termasuk dalam kategori unhealthy atau tidak sehat.

Semakin kecil nilai AQI di suatu wilayah, maka semakin baik kualitas udaranya.

Baca Juga: Jelang HUT DKI Ke-495, Kualitas Udara di Jakarta Masuk Kategori Tidak Sehat

Sementara itu, kualitas udara ibu kota Jakarta juga masuk kategori tak sehat. Bertengger di peringkat 11, indeks AQI Jakarta mencapai 102. 

Berdasarkan AQI AS, kisaran AQI 101 hingga 150 termasuk dalam kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Sebelumnya, seperti diberitakan Kompas.TV sebelumnya, pada Senin (20/6), kadar polusi Jakarta mencapai AQI 205 yang masuk ke level very unhealthy atau sangat tidak sehat.

Sementara berdasarkan data IQAir pada Selasa pagi (21/6) pukul 06.33 WIB, Jakarta masih berada di urutan tinggi dengan udara paling berpolusi dengan AQI 154, di bawah Beijing (AQI 176) dan Kuwait (AQI 154).

Untuk melindungi diri dari bahaya polusi udara, masyarakat yang tinggal di wilayah dengan kualitas udara buruk atau tidak sehat disarankan untuk mengenakan masker, menghindari aktivitas di luar ruangan, menutup jendela untuk menghindari udara luar yang kotor, serta menyalakan pemurni udara.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Paru-paru dari Kualitas Udara yang Buruk

 


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x