Kompas TV regional berita daerah

Dua Tahun Ditiadakan, Tradisi Sedekah Bumi di Grobogan Kembali Digelar

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 11:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Tradisi sedekah bumi atau dikenal dengan tradisi apitan, merupakan tradisi warisan leluhur yang digelar setiap tahun di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Disebut sebagai tradisi apit, karena dilaksanakan di bulan Apit dalam penanggalan Jawa.

Akibat adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan tradisi ini harus ditiadakan selama dua tahun. Di tahun 2022 ini, ritual sedekah bumi kembali digelar di Objek Wisata Jatipohon, Desa Sumber Jatipohon, Grobogan.

Sedikit berbeda dari biasanya, jika dulunya tradisi digelar secara meriah, kali ini digelar secara sederhana dan dengan sejumlah pembatasan. Puluhan tumpeng dan satu gunungan yang berisi buah - buahan serta satu kotak hasil pertanian pun disiapkan oleh warga.

"Ini kan masih pandemi, jadi kegiatannya biasanya kan ramai, besar. Tiap pedukuhan bawa gunungan, bawa slametan. Tapi karena pandemi kan mereka cuma membawa ingkung satu sama nasi, tidak membawa gunungan," kata Eni Endarwati, Kepala Desa Sumber Jatipohon.

Setelah didoakan oleh tokoh agama, warga yang jumlahnya dibatasi mulai mengambil isi gunungan. Melalui tradisi sedekah bumi, warga mengungkapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas kehidupan dan hasil bumi.

#tradis #sedekahbumi #grobogan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x