Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Direspons Melempem TNI AL saat Teriak Merdeka: Jangan Lupa Saya Pernah Panglima Tertinggi

Selasa, 21 Juni 2022 | 11:04 WIB
megawati-direspons-melempem-tni-al-saat-teriak-merdeka-jangan-lupa-saya-pernah-panglima-tertinggi
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono serahkan miniatur kapal korvet KRI Bung Karno ke Megawati Soekarnoputri (Sumber: istimewa)
 

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku sempat direspons melempem oleh prajurit TNI AL saat teriakan kata ‘Merdeka’.

Gambaran kondisi tersebut, diceritakan Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDI Perjuangan, Selasa (21/6/2022).

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri memang menggelar pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono bersama 200 prajurit TNI AL.

Ia meresmikan pelabelan kapal korvet milik TNI Angkatan Laut (AL) dengan nama KRI Bung Karno di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (20/6/2020).

Baca Juga: Megawati dan Prabowo Dorong Gibran Maju Pilgub, Pengamat Sebut Ada 2 Hal yang Terbaca

“Ketika di sana, saya sudah tahu, tidak seperti kalau anak-anak saya. Jadi waktu saya bilang izinkan, tentu dengan KSAL, kalau saya mengucapkan ‘Merdeka’ tolong dijawab ‘Merdeka’. Jadi pada bingung sendiri kelihatannya, karena kan bosnya KSAL ya,” kata Mega.

“Jadi waktu saya teriak Merdeka itu hanya berapa orang, saya bilang kurang gitu, terus, lalu, saya merdeka lagi, agak banyak.”

Menjawab prajurit TNI AL yang tidak merespons bulat teriakan merdeka, Mega pun sempat mengingatkan  bahwa dirinya pernah menjadi Panglima Tertinggi.

“Lalu saya baru bilang begini, jangan lupa loh saya nih pernah Panglima tertinggi, saya bilang, lalu akhirnya ketika terakhir, ‘Merdeka’ penuh (respons dari TNI AL teriakan) ‘Merdeka’. Lah mbok gitu Saya bilang, kenapa sih kok ragu, Saya bilang,” ucap Mega.

Baca Juga: Megawati Resmikan Pelabelan Kapal Korvet TNI AL dengan Nama KRI Bung Karno

“Jadi yang lucu ketika terakhir itu kelihatannya sudah siap-siap, setelah saya mengucapkan terima kasih, lalu Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, begitu saya angkat tangan, semua langsung, ‘Merdeka’, ‘Merdeka’, ‘Merdeka’.”

Dalam pesannya lebih lanjut, Mega pun berpesan kepada Prajurit TNI untuk tidak melupakan meneriakan ‘Merdeka’ jika bertemu dirinya.

“Jadi saya bilang kalian itu biar tentara, ndak mungkin ada tentara kalau kita tidak Merdeka, jadi jangan lupa, kecuali kalau sama yang lain, tapi kalau ketemu saya tolong pasti saya akan mengatakan ‘Merdeka’,” ujar Mega.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x