Kompas TV olahraga kompas sport

Shin Tae-yong Ungkap Satu Hal Penting Perubahan Timnas Indonesia

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 10:43 WIB
shin-tae-yong-ungkap-satu-hal-penting-perubahan-timnas-indonesia
Pelatih Shin Tae-yong dinilai adalah orang yang paling berperan besar membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Sumber: Instagram @afcasiancup)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 setelah absen selama 15 tahun. Hal tersebut tak lepas dari peran sang pelatih, Shin Tae-yong. 

Kepada media Korea Selatan, Newsis, Shin Tae-yong mengungkapkan satu perubahan penting yang dia lakukan ke Timnas Indonesia semenjak menjabat sebagai pelatih kepala. 

Pelatih berusia 52 tahun mengungkapkan aspek mentalitas menjadi perhatian utamanya sejak ditunjuk menangani skuad Garuda. 

Kini, Shin Tae-yong merasa sudah mengubah mentalitas para pemain Timnas Indonesia. 

Baca Juga: Jelang Piala AFF U19 2022, Shin Tae-yong Panggil 30 Pemain untuk Lakoni TC

"Saya sudah melatih Indonesia selama dua setengah tahun, tetapi sekitar satu tahun saya benar-benar bekerja dengan para pemain," kata Shin Tae-yong.

"Saya tidak bisa berlatih atau bermain karena Covid-19. Liga juga ditangguhkan selama sekitar dua tahun. Saya mencoba mengubah bagian mental para pemain lebih dari apa pun dan itu berubah."

"Mungkin karena para pemain di sini berada di area yang panas, jadi keseluruhan santai, tidak ada yang mendesak."

Lain itu, eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 juga menyebut skuad Garuda selalu memahami arahannya dan berkembang dengan cepat. 

"Para pemain memahami arahan pelatih dan mengikutinya dengan baik dan berkembang dengan cepat," tambahnya. 

Selama dua setengah tahun menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga sempat membawa Garuda main di final Piala AFF 2020 dan medali perunggu SEA Games 2021.

Baca Juga: Ketua PSSI Pastikan Shin Tae-yong Tetap Pimpin Timnas Senior

Lebih lanjut, Indonesia juga mengalami peningkatan pesat soal ranking FIFA. 

Saat Shin Tae-yong datang pada 2019 silam, Indonesia masih berada di urutan ke-175. 

Dalam sembilan bulan terakhir sejak September 2021 hingga Juni 2022, Indonesia mengalami lonjakan paling apik di antara negara-negara ASEAN. Kini, Indonesia menempati posisi 155 dunia.



Sumber : newsis.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x