Kompas TV nasional politik

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Demokrat Naik Tempati Papan Atas Bersama PDIP, Gerindra, Golkar

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 10:58 WIB
survei-litbang-kompas-elektabilitas-demokrat-naik-tempati-papan-atas-bersama-pdip-gerindra-golkar
Partai Demokrat (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Peneliti Litbang Kompas Yohan Wahyu mengatakan, ada pengukuhan partai-partai yang memiliki elektabilitas di atas 10 persen pada survei periode Mei-Juni 2022.

Berdasarkan tren elektabilitas parpol, ada 4 partai yang elektabilitasnya berada di atas 10 persen.

“Jadi partai-partai di atas elektabilitas 10 persen ini masih relatif tetap gitu ya, jadi PDIP Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Jadi dari sisi komposisi itu relatif sama,” kata Yohan dalam Sapa Indonesia Pagi, Selasa (21/6/2022).

“Hal yang sama juga di partai papan menengah kita melihatnya di bawah 10 persen gitu ya, ini partai PKB, PKS, Nasdem, PAN, dan PPP.”

Yohan lebih lanjut menuturkan berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan pada Januari dan Juni 2022, konfigurasi elektabilitas parpol tidak jauh berbeda dengan hasil pemilu 2019.

Baca Juga: Kepuasan Publik terhadap Jokowi-Ma’ruf Turun, Demokrat: Ini Kode Keras Rakyat kepada Pemerintah

Dimana partai-partai yang saat ini memiliki kursi di DPR, memang berpeluang lolos masuk Senayan.

“Cuma memang kalau kita lihat naik turunnya elektabilitas, memang Partai Demokrat  ada ada tren kenaikan kalau kita lihat,” ujar Yohan.

Tapi, menurut Yohan, tren kenaikan Partai Demokrat adalah hal yang sama dengan ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan.

“Jadi ini sebenernya ibarat kayak bandul gitu ya, partai-partai yang berada di luar pemerintahan sebenarnya punya punya insentif elektoral ketika mungkin pemilih tidak melihat Pemilu pasca era 10 tahun Jokowi mungkin mereka sudah mengalihkan pilihan ke pilihan yang lain,” ujarnya.

Baca Juga: Kepuasan Publik ke Jokowi-Ma’ruf Turun 6 Persen, Demokrat Ungkap Ada Dugaan Penurunan Double Digit

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP atau Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyampaikan terima kasih kepada rakyat Indonesia atas kepercayaannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x