Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Harga Minyak Goreng Curah di Jakarta Mulai Turun, Berikut Detailnya

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 09:22 WIB
harga-minyak-goreng-curah-di-jakarta-mulai-turun-berikut-detailnya
Pekerja mengemas minyak goreng curah di Pasar Subuh, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (5/1/2022). (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan, sudah mengetahui penyebab harga minyak goreng curah tinggi dan pasokannya tidak stabil di pasaran.

Menurut mendag yang baru dilantik Presiden Jokowi beberapa hari lalu itu, masalah minyak goreng curah disebabkan oleh keterlambatan pemerintah dalam mengisi stok minyak sawit mentah data CPO di dalam negeri.

Zulhas dengan tegas mengatakan, tidak ada keterlibatan mafia dalam soal minyak goreng curah. Ia bahkan berani menyebut, urusan minyak goreng curah akan beres dalam 1 bulan.

"Saya (tahu) sekarang mengapa minyak di pasar-pasar itu mahal. Saya sudah tahu sebab-sebabnya. Sudah kita perbaiki, sudah ada jalan keluarnya. Sebulan, dua bulan beres insyaallah," kata Zulhas seperti diberitakan Kompas TV sebelumnya.


"Saya kira tidak mafia. Ini kan ada kenaikan harga booming. Teman-teman (yang) punya CPO langsung jual cepat. Nah, ada keterlambatan kita antisipasi, kemudian dia mau dilonggarkan. Lalu kurang CPO-nya. Terlambat gitu," ujarnya.

Baca Juga: Kasus Mafia Minyak Goreng Turunkan Kepercayaan Publik terhadap Penegakan Hukum Pemerintah

Apakah mendag baru bisa menepati janjinya? Membuat harga minyak goreng curah turun menjadi Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kg, sesuai  Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. Serta, menjamin pasokan nya selalu tersedia di pasaran.

Faktanya, harga minyak goreng curah di Jakarta memang mulai turun. Mengutip data dari Info Pangan Jakarta, harga rata-rata minyak goreng  curah di Jakarta pada Selasa (21/6/2022) adalah sebesar Rp 15.951/kg.

Harga tertinggi berada di Pasar Paseban Jakarta Pusat sebesar Rp 18.000/kg. Sedangkan harga terendah berada di Pasar Pademangan Timur sebesar Rp 15.000/kg.

Namun untuk harga rata-rata nasiona minyak goreng curah, Pusat Harga Pangan Strategis Nasional mencatat masih berada di Rp18.050 per kg. Angka itu belum beranjak jauh dari level Rp18.100 per kg pada 14 Juni atau sepekan lalu.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Mendag Baru Janjikan Masalah Minyak Goreng Selesai 1 Bulan, Mampukah Zulkifli Hasan?

Kenaikan harga CPO dan berimbas pada naiknya harga minyak goreng semua jenis sebenarnya sudah terjadi sejak awal tahun lalu. Pemerintah sempat mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk mengatasinya, namun sejauh ini tidak ada yang berhasil.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.