Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Setelah Harga Cabai Merah Makin "Pedas", Kini Daging Sapi dan Ayam Merangkak Naik

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 05:55 WIB
setelah-harga-cabai-merah-makin-pedas-kini-daging-sapi-dan-ayam-merangkak-naik
Harga daging di pasar tradisional di Cianjur, Jawa Barat, merangkak naik karena minimnya stok ditingkat agen dan distributor akibat pengurangan produksi di tingkat peternak (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

CIANJUR, KOMPAS.TV - Harga komoditas cabai semakin menjadi-jadi di penjuru Jakarta pada Minggu (19/6/2022). Dikutip dari Info Pangan Jakarta, rata-rata harga cabai masih merentang di Rp 78.000 sampai Rp 108.000.

Rata-rata harga cabai rawit merah dibanderol Rp 108.787 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 78.636 per kilogram, cabai merah keriting Rp 86.875 per kilogram, dan harga cabai merah besar Rp 84.166 per kilogram.

Setelah harga cabai, kini giliran harga daging sapi dan ayam di pasar tradisional di Cianjur, Jawa Barat, merangkak naik akibat pasokan yang minim di tingkat agen dan distributor.

Harga daging sapi yang sebelumnya di kisaran Rp 120.000 per kilogram (kg) menjadi Rp140.000 per kg. Sedangkan harga daging ayam  dari Rp35.000 per kg menjadi Rp37.000 per kg.

Kepala UPTD Pasar Induk Pasirhayam Cianjur Doni Wibowo mengatakan harga kedua bahan pangan tersebut mulai merangkak naik dalam beberapa hari terakhir.

"Kami memperkirakan harga daging akan kembali mengalami kenaikan menjelang masuknya hari raya kurban," katanya, dikutip dari Antara pada Selasa (21/6/2022).

Meski kenaikan ini tidak akan sampai melambung, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas untuk menggelar operasi pasar sebagai upaya antisipasi.

Hingga saat ini, tingkat penjualan masih stabil dan stok mencukupi hingga hari raya kurban.

Baca Juga: Daging Sapi "Sakit PMK" Dijual Rp35.000- Rp40.000 per Kg di Pamekasan

Menurutnya, pasokan daging sapi yang terbatas di tingkat peternak terjadi karena merebaknya kasus Penyakit Kuku dan Mulut (PMK).

Sementara, pengurangan produksi daging ayam karena tingginya harga pakan.

Andri Willy, seorang pedagang di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, mengatakan penjualan daging masih normal bahkan terbilang meningkat, meski harga merangkak naik.

Pedagang pun berharap kenaikan harga tidak sampai melambung, karena dapat berpengaruh rendahnya penjualan.

"Kalau stok masih aman meski peternak mengurangi produksi. Kalau melihat harga saat ini, belum berpengaruh ke penjualan yang masih normal, 100 kilogram per hari untuk daging ayam dan 100 kilogram untuk daging sapi," ujarnya.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x