Kompas TV regional update

Dinding Masjid di Cianjur Jebol Akibat Terjangan Banjir dan Hujan Deras

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 23:11 WIB
dinding-masjid-di-cianjur-jebol-akibat-terjangan-banjir-dan-hujan-deras
Dinding salah satu masjid di Kabupaten Cianjur, Jawa Tengah, rusak berat akibat terjangan banjir, Senin (20/6/2022) petang. (Sumber: BPBD Cianjur via Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

CIANJUR, KOMPAS.TV – Dinding salah satu masjid di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat rusak berat akibat terjangan banjir, Senin (20/6/2022) petang.

Masjid yang terletak di Kampung Ciranji, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur itu jebol di tengah guyuran hujan lebat disertai angin kencang.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu.

Meski demikian, kerugian materi diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Rudi Wibowo mengatakan, banjir dipicu luapan air sungai akibat hujan deras yang melanda sejumlah titik di daerah itu.

“Di beberapa tempat hujan memang turun sangat lebat tadi. Sehingga ada beberapa sungai dan saluran air yang meluap, dan banjir merendam badan jalan dan permukiman warga,” kata Rudi kepada Kompas.com, Senin.

Baca Juga: Banjir hingga 1 Meter Karena Sungai Meluap, Sejumlah Permukiman Warga Terendam

Rudi mengingatkan warga, terutama yang tinggal di dekat aliran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan bencana.

"Apalagi dalam sepekan terakhir Cianjur akan dilanda cuaca ekstrem, berupa hujan lebat disertai kilat dan angin kencang sebagaimana diinformasikan pihak BMKG," ujar Rudi.


Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (20/6/2022) petang mengakibatkan bencana banjir di sejumlah titik.

Baca Juga: Nyeleneh, Mantan Menpar Malaysia Sarankan Bencana Banjir Tahunan Jadi Lokasi Destinasi Wisata

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, sedikitnya terjadi banjir di tiga titik, yakni Desa Mayak dan Peuteuycondong, Cibeber, serta Desa Sirnagalih, Cilaku.

Korban jiwa nihil, tetapi warga yang terdampak sempat mengungsi mandiri sambil menunggu banjir surut.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x