Kompas TV nasional hukum

PBNU akan Bantu Mardani Maming, tetapi Harus Pelajari Dulu Duduk Perkaranya

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 22:27 WIB
pbnu-akan-bantu-mardani-maming-tetapi-harus-pelajari-dulu-duduk-perkaranya
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. PBNU akan membantu bendahara umumnya, Mardani Maming, dalam kasus dugaan korupsi yang sedang diusut KPK. (Sumber: Antara/wahyu putro A)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS. TV – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengirim surat permintaan ke pihak Imigrasi untuk mencegah pengusaha Mardani Maming berpegian ke luar negeri. Mardani Maming, merupakan Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Lantas apa tanggapan PBNU menyangkut bendaharanya yang terkait masalahan hukum di KPK?

Ditemui di Jakarta, Senin (20/6/2022) malam, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menyatakan pihaknya masih belum mengetahui secara detail duduk perkara yang menimpa sang bendahara.

Karena itu, sebelum memberi respons lebih jauh, Yahya menyatakan pihaknya akan memelajari dulu lebih lanjut mengenai perkaranya.

“Ya sekarang kan kita belum ketahui secara detail bagaimana sebetulnya duduk perkaranya, yang apa sebetulnya terjadi. Kami akan pelajari nanti dan akan respons sebagaimana mestinya menurut norma-norma yang ada, baik secara hukum maupun dalam konteks norma internal PBNU,” ujar Yahya Cholil Staquf.

Baca Juga: Mardani Maming Dicegah ke Luar Negeri, PDIP Pelajari Kasusnya


Dia mengatakan PBNU akan memberikan bantuan dan pendampingan sebagaimana yang sudah diatur di dalam organisasi.

Menurutnya dalam ketentuan PBNU sudah ada mekanisme untuk menangani persoalan seperti ini. Namun, tetap duduk perkara yang sebenarnya terkait pencegahan Mardani Maming tersebut harus diperjelas.

“NU akan memberikan bantuan sebagaimana mestinya. Organisasi sudah jelas mekanismenya, hak jelas harus ada syarat-syarat yang dipenuhi, diketahui dengan pasti duduk perkaranya dan sebagainya baru kita bisa putuskan,” ungkapnya.

Baca Juga: KPK Cegah Bendum PBNU Mardani Maming ke Luar Negeri

Sebelumnya Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mardani Haji Maming mengaku belum menerima surat penetapan sebagai tersangka dari pihak KPK atau pun pencegahan dari pihak imigrasi Kemenkumham.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Kuasa Hukum Mardani Haji Maming, Ahmad Irawan dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.TV, Senin (20/6/2022) malam.

“Hingga saat ini, kami belum pernah menerima surat penetapan sebagai tersangka oleh KPK atas nama Bapak Mardani Haji Maming, surat keputusan, permintaan, dan/atau salinan perintah pencegahan dari KPK kepada pihak imigrasi,” kata Ahmad Irawan, menegaskan.

“Oleh karena itu, kami akan menunggu secara resmi salinan keputusan pencegahan tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga: Mardani Maming Beri Kesaksian Soal Dugaan Suap Izin Usaha Pertambangan di Tanah Bumbu

Ahmad Irawan justru mempertanyakan prosedur yang dilakukan pihak KPK terhadap kliennya yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI).

Pasalnya, pengumuman yang dilakukan oleh pihak KPK terlebih dulu ke publik, bukan ke Mardani Haji Maming.

“Untuk itu kami tentu mempertanyakan kenapa hal tersebut lebih dahulu diketahui oleh publik dibanding Bapak Mardani selaku yang berkepentingan dengan keputusan tersebut,” ujarnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.