Kompas TV nasional rumah pemilu

Hasil Survei Litbang Kompas: 7 Parpol Punya Elektabilitas di Bawah 1 Persen, Termasuk PSI

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 06:25 WIB
hasil-survei-litbang-kompas-7-parpol-punya-elektabilitas-di-bawah-1-persen-termasuk-psi
Logo PSI. Menurut hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas tujuh partai politik (parpol) termasuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI), berada di bawah satu persen. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Elektabilitas tujuh partai politik (parpol) termasuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI), berada di bawah satu persen.

Demikian terungkap dalam hasil survei yang digelar oleh Litbang Kompas pada bulan Juni 2022.

Ketujuh parpol tersebut adalah PSI dengan elektabilitas 0,7 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) 0,4 persen, Partai Garuda 0,2 persen, dan Partai Berkarya, PID, Masyumi, serta Gelora, masing-masing 0,1 persen.

Berdasarkan survei yang melibatkan 1.200 responden tersebut, elektabilitas PDI-P masih berada di posisi teratas dengan 22,8 persen.

Jika dibandingkan dengan hasil survei tentang elektabilitas parpol yang digelar Litbang Kompas pada Januari 2022, angka ini tidak bergeser.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Kepuasan Publik terhadap Pemerintahan Jokowi Turun!


Sementara itu, berdasarkan survei terkini, elektabilitas Partai Gerindra pada Juni ini berada pada angka 12,5 persen, atau menurun tipis jika dibandingkan dengan survei pada Januari 2022, yakni 13,9 persen.

Parpol dengan elektabilitas tertinggi ketiga diduduki oleh Partai Demokrat dengan 11,6 persen.

Sedangkan Partai Golkar menempati urutan keempat dengan elektabilitas sebesar 10,3 persen.

Elektabilitas kedua parpol tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan survei pada Januari 2022. Ketika itu, elektabilitas Demokrat sebesar 10,7 persen, dan Golkar 8,6 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x