Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Litbang Kompas: Persentase Swing Voters Lebih Tinggi daripada Elektabilitas Partai Gerindra

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 06:10 WIB
survei-litbang-kompas-persentase-swing-voters-lebih-tinggi-daripada-elektabilitas-partai-gerindra
Partai Gerindra. Survei Litbang Kompas terkait elektabilitas partai politik, jumlah swing voters ternyata lebih tinggi daripada Partai Gerindra yang elektabilitasnya kedua tertinggi setelah PDIP. (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jumlah swing voters atau suara mengambang pada survei elektabilitas partai politik (parpol) terbaru yang digelar Litbang Kompas, mencapai 16 persen.

Jumlah tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan elektabilitas Partai Gerindra dalam survei yang sama, yakni ‘hanya’ sebesar 12,5 persen.

Padahal elektabilitas Partai Gerindra tersebut menduduki posisi kedua setelah PDIP yang memiliki elektabilitas 22,8 persen.

Meski pada survei yang melibatkan 1.200 responden tersebut angka swing voter masih cukup tinggi, namun jumlah itu sudah menurun jika dibandingkan dengan survei sebelumnya.

Pada survei yang sama yang dilaksanakan pada Januari 2022, jumlah persentase swing voter mencapai 17 persen.

Jika dibandingkan dengan elektabilitas sejumlah parpol, angka swing voter ini memang tampak cukup besar.

Baca Juga: Litbang Kompas: Kepuasan Publik pada Pemerintahan Jokowi Menurun, Ini Faktornya..


Misalnya, perbandingan dengan elektabilitas Partai Demokrat yang 11,6 persen, atau Partai Golkar yang elektabilitasnya 10,3 persen.

Banyaknya pemilih yang belum menyatakan pilihannya ini bisa menjadi salah satu ceruk yang dapat menjadi perhatian bagi parpol dalam mengoptimalkan mesin partainya menjelang pemilu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x