Kompas TV regional berita daerah

Produksi Susu Sapi Turun Akibat PMK

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 17:07 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Turunnya hasil produksi susu sapi ini disampaikan oleh sekretaris Koperasi SAE Pujon Nur Kayin Sabtu (18/6/2022) sejak PMK menyerang pada Mei lalu produksi susu sapi yang dikelola oleh koperasi turun hingga 40%. Penurunan produksi susu sapi ini terjadi berangsur angsur, dari semula 120 ton susu perhari kini turun menjadi 70 ton susu sapi perhari.

Nur Kayin juga menambahkan, akibat penurunan jumlah produksi tersebut pihak koperasi harus menanggung kerugian hingga 3 miliar rupiah. Selain itu, pihak koperasi juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengobatan sapi yang terinfeksi PMK. Selain terus melakukan pengobatan pada sapi yang sakit pihaknya juga melakukan perbaikan pakan dan nutrisi pada sapi agar kesehatan sapi tetap terjaga.

"Untuk produksi susu sapi di Pujon yang dulunya 120 ton perhari jadi 70 ton perhari ada selisih 50 ton perhari."ucap Nur Kayin.

Melihat besarnya kerugian, Koperasi SAE Pujon yang memproduksi susu sapi ini juga menyambut baik upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan pmk dengan mulai digelarnya vaksinasi pada sapi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.