Kompas TV nasional agama

Calon Haji Indonesia di Arab Saudi: 160 Sakit, Total 7 Orang Meninggal

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 16:46 WIB
calon-haji-indonesia-di-arab-saudi-160-sakit-total-7-orang-meninggal
Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin menyampaikan keterangan dalam jumpa pers penyelenggaraan ibadah haji 1443 H yang diselenggarakan secara virtual, Senin (20/6/222). (Sumber: Youtube Kementerian Agama)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag), Senin (20/6/2022) melaporkan, sebanyak 160 calon haji Indonesia sakit di Arab Saudi.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan, dari 160 orang tersebut, sebanyak 54 orang menjalani rawat jalan, 98 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia, dan delapan orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

Selain itu, Akhmad menjelaskan, ada tujuh calon haji yang meninggal di Tanah Suci.

Jumlah calon haji yang meninggal dunia bertambah satu orang dari kloter tiga Embarkasi Banjarmasin, yakni Sugiansyah Basuni M. Yamin (50).

"Sehingga sampai saat ini jumlah jemaah wafat sebanyak tujuh orang," jelas Akhmad melalui jumpa pers penyelenggaraan ibadah haji 1443 H yang diselenggarakan secara virtual, Senin.

Baca Juga: Cerita Amin Jakfar, Pria Tunanetra Naik Haji 2022, Berbekal Tongkat Kecil dan Hafalan Doa dari HP


Ia menambahkan, hari ini ada 3.206 calon haji yang tiba di Tanah Suci. Sehingga total calon haji Indonesia yang sudah berada di Arab Saudi sebanyak 49.152 orang.

Akhmad juga mengingatkan tentang suhu udara di Arab Saudi. Suhu tertinggi tercatat 46 derajat Celcius, sedangkan suhu terendah 32 derajat Celcius.

Oleh karena itu, ia mengimbau jemaah calon haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, memakai alas kaki saat ke luar ruangan, dan menjaga kesehatan.

"Jangan menunggu haus untuk minum," imbuhnya.

Ia juga menyarankan agar jemaah calon haji menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu serta beristirahat yang cukup.

Baca Juga: Cerita Farah Fazira Jadi Calon Haji Termuda di Indonesia, Berangkat Usia 18 Tahun, Apa Rahasianya?

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x