Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penyebaran PMK, Ratusan Sapi Disuntik Vitamin

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 14:37 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Dinas Kesehatan dan Pertanian Kabupaten Tulang Bawang menggelar penyuntikan vitamin secara massal terhadap ratusan ekor sapi ternak.

Kegiatan tersebut dilakukan usai adanya temuan sebanyak 39 hewan ternak sapi yang positif terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

Salah satu lokasi peternakan hewan yang menjadi sasaran penyuntikan vitamin, yakni berada di Kampung Jaya Makmur, Kecamatan Banjar Baru, Tulang Bawang.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Satgas Pangan: Hewan Ternak Aman dari PMK

Kegiatan dari pemerintah daerah ini tentu disambut baik para peternak. Para peternak menilai kegiatan yang dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap hewan ternak agar tidak terinfeksi penyakit atau wabah PMK.

“Baguslah, supaya untuk pencegahan (PMK),” kata Sumarli warga.

Dokter Kesehatan Hewan Tulang Bawang Markoni Catur Wibowo mengatakan, rencananya dinas kesehatan dan pertanian setempat menargetkan sebanyak 129 ekor sapi yang akan mendapat suntik vitamin.

Selain itu, agar penyebaran penyakit mulut dan kuku tidak semakin meluas, petugas juga akan melakukan pemisahan pada sapi yang sakit dan sehat.

“Lalu, tindakan selanjutnya pengobatan sapi yang sehat dan yang sakit. Yang diutamakan yang sehat dulu, baru yang sakit supaya penularannya bisa dibatasi,”  jelasnya.

Baca Juga: Truk Adu Banteng, Kedua Sopir Dilarikan ke Rumah Sakit

Setidaknya terhitung ada sekitar 500 ekor hewan ternak, baik sapi, kambing, maupun kerbau yang sudah disuntik vitamin.

Sedangkan, sebanyak 30 ekor hewan ternak yang terinveksi penyakit mulut dan kuku yang kini sudah diisolasi.

#wabahpmk #kesehatan #penyuntikanhewanternak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.