Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Anggota Parlemen Ukraina Akui Kehilangan Wilayah yang Diduduki Rusia, Tapi Tak Akan Menyerah

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 12:02 WIB
anggota-parlemen-ukraina-akui-kehilangan-wilayah-yang-diduduki-rusia-tapi-tak-akan-menyerah
Tentara Ukraina berpatroli di Bucha, Sabtu (2/4/2022). (Sumber: AP Photo/Vadim Ghirda)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

KIEV, KOMPAS.TV - Anggota Parlemen Ukraina, Ivanna Klympush-Tsintsadze mengakui Ukraina telah kehilangan wilayah yang diduduki Rusia.

Meski begitu, Klympush-Tsintsadze menegaskan pihaknya tak menyerah dan akan terus mendorong Kremlin untuk keluar dari Ukraina.

Pada Minggu (19/6/2022), Klympush-Tsintsadze menegaskan pertempuran dan bombardier yang dilakukan Rusia terus berlanjut di sejumlah wilayah timur, utara dan selatan Ukraina.

Ia juga menegaskan sangat penting adanya dukungan terus-menerus ke Ukraina, karena kualitas dan kuantitas persenjataan dari sekutu yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Rusia Ungkap Serangan ke Ukraina Timur Menuju Kesuksesan, Berhasil Bunuh Jenderal Ukraina

“Saat ini kami tak memiliki banyak pilihan, kami harus bisa selamat,” ujar Klympush-Tsintsadze katanya dikutip dari Sky News.

“Pada perang ini, penjajah dating untuk menghapus kami dari peta dunia, dan kami ingin hidup dan membangun negara kami untuk melestarikan bangsa kami,” tambahnya.

Ia menegaskan bahwa Ukraina harus menang dalam perang ini meski membutuhkan semua tekad, dan juga kemampuan untuk bertarung.

Namun, ia menyayangkan bahwa hal itu telah merenggut banyak nyawa rakyat Ukraina baik dari militer dan juga warga sipil.

Baca Juga: Ukraina Larang Musik Rusia di Tempat Umum, tapi Tak Berlaku untuk Artis yang Kecam Invasi Putin

“Kita harus menekan dan melawan federasi Rusia, yang sayangnya telah mengumpulkan semua kapasitas militer di timur negara ini,” tuturnya.

“Kami kehilangan beberapa wilayah, yang saat ini berada di tangan penjajah. Kami berharap aka nada momen dan kemungkinan bagi kami untukm mengambil lagi wilayah dari orang-orang itu,” tambah Klympush-Tsintsadze.

Ia pun menambahkan dirinya sangat mengapresiasi kedatangan kejutan dari Perdana Menteri Inggris ke Kiev pekan lalu.

Klympush-Tsintsadze pun menegaskan Ukraina sangat bersyukur atas kepemimpinannya.



Sumber : Sky News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.