Kompas TV regional berita daerah

Bukit Jaten Borobudur, Sarana Untuk Meditasi dan Puja Bakti

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 11:43 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

MAGELANG, KOMPAS.TV - Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur memanfaatkan Bukit Jaten sebagai sarana umat Buddha saat melakukan meditasi dan puja bakti. Lokasi bukit ini berdekatan dengan bangunan Candi Borobudur dan lahan ini diyakini bahwa dulunya merupakan komplek pemakaman warga Desa Borobudur. 

Akibat rumitnya aturan di Candi Borobudur dan banyaknya pengunjung yang mengganggu konsentrasi saat meditasi, pengelola kemudian memanfaatkan Bukit Jaten sebagai area meditasi dan puja bakti bagi umat Buddha. Adanya bodhi mandala yang menjadi tempat meditasi ini, akan memberikan kenyamanan bagi umat Buddha dan lainnya untuk beribadah.

"Kita lakukan bersih - bersih bersama di lingkungan Jaten ini, yang sebenarnya lokasi ini cukup tenang, cukup sejuk. Lalu ini sebenarnya sudah beberapa kali dimanfaatkan oleh umat untuk meditasi," ujar Pujo Suwarno, (wakil sementara) WS General Manager TWC.

Sementara itu, umat Buddha yang akan melaksanakan ibadah di kawasan Candi Borobudur akan diberikan akses khusus untuk masuk ke lokasi.

#candiborobudur #bukitjaten #pujabakti



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.