Kompas TV regional berita daerah

Tanggul Jebol di Pelabuhan Tanjung Emas Diperkuat, Investor Optimis

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 11:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dua tanggul laut yang sempat jebol di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, saat ini telah diperbaiki dan dikokohkan. Hal ini disambut baik oleh para investor.

M. Tohir, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, Semarang, mengungkapkan, pihaknya saat ini terus melakukan perbaikan dua titik tanggul laut yang jebol beberapa waktu lalu. Menurut Tohir, terkait peningkatan depo Peti Kemas Meratus menjadi depo kontainer terpadu (CLC) akan memperlancar arus lalu lintas barang, serta mengurangi dwelling time di Pelabuhan Tanjung Emas.

"Tanggul saat ini posisinya sedang proses perbaikan. Khusus yang 20 meter sudah diperkuat dengan biotekstil," ujar M. Tohir.

Sementara itu, CEO Meratus, Farid Belbouab mengaku, sebagai perusahaan kargo awalnya ia sempat khawatir dengan banjir rob yang terjadi beberapa waktu lalu, terutama infrastruktur dan keselamatan karyawannya. Pihaknya juga telah menyiapkan program asuransi kargo untuk mengantisipasi kerugian pelanggan jika banjir rob terjadi dan kembali melumpuhkan aktivitas di pelabuhan.

Kawasan industri Pelabuhan Tanjung Emas sempat terendam banjir rob berhari - hari, imbas akibat jebolnya dua tanggul laut pada 23 Mei 2022 lalu.

#banjirrob #pelabuhantanjungemas #meratus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x