Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Viral Video Penumpang Menunggu di Pesawat 3 Jam, Super Air Jet Beri Penjelasan

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 06:54 WIB
viral-video-penumpang-menunggu-di-pesawat-3-jam-super-air-jet-beri-penjelasan
Pesawat udara maskapai Super Air Jet disambut prosesi water salute (penyiraman air) saat mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (18/11/2021) (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Beredar sebuah video yang viral di media sosial,  berisi keluhan penumpang pesawat maskapai Super Air Jet. Video itu diunggah oleh akun Tiktok @sumiati_erwin, menampilkan gambar penumpang yang marah dan gelisah di dalam pesawat karena penerbangan mereka sudah tertunda 3 jam .

"Boarding jam 16.40 tapi sampai jam 19.30 belum terbang-terbang dan kapten pilotnya tidak keluar-keluar... Bagaimana menurut Anda?" tulis postingan tersebut, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Dalam video, terlihat ada seorang penumpang pesawat meminta kapten untuk keluar dari kokpit dengan nada tinggi. Hingga saat ini, video tersebut telah dilihat lebih dari 1,4 juta kali dan disukai oleh lebih dari 26.300 pengguna Tiktok.

Pihak Super Air Jet pun buka suara. Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet Ari Azhari mengatakan, Supert Air jet pada penerbangan IU-319 tersebut akan dioperasikan menggunakan jenis pesawat Airbus 320-200 PK-SJD.

Baca Juga: No Skip! Masih Mau Jadi Pramugari?, Curhat Pramugari Super Air Jet | KODE Kompas TV

"(Pesawat) mengalami penundaan keberangkatan dikarenakan ada salah satu indikator pada sistem pesawat yang menunjukkan segera dilakukan pengecekan," kata dia dalam keterangan resmi, Minggu (19/6/2022).

Keputusan pilot untuk memindahkan keberangkatan pesawat sudah tepat,dalam memastikan serta memenuhi faktor keselamatan dan keamanan.

Menurut Ari, pesawat tersebut dijadwalkan terbang pukul 17.10 WIB dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK).

Ia mengklaim, saat pengecekan pesawat dilakukan selama 3 jam itu, penumpang sudah dikembalikan menuju ruang tunggu di terminal keberangkatan.

Baca Juga: Wisata Kembali Dibuka, Maskapai Super Air Jet Buka Rute Jakarta-Bali

Ari menjelaskan,  pada hari Jumat (18/6/2022), sebelum penumpang memasuki kabin pesawat udara, Airbus 320-200 registrasi PK-SJD sudah menjalani pengecekan dan pemeriksaan menyeluruh pada pesawat oleh teknisi dan pilot.

Berdasarkan keterangannya, pesawat tersebut dinyatakan layak terbang dan aman untuk dioperasikan alias safe for flight.

Untuk itu, Ari mewakili Super Jet Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

"Super Air Jet telah menjalankan ketentuan menurut persyaratan yang berlaku," ujarnya.

Super Air Jet mempersiapkan keberangkatan dengan mengganti menggunakan pesawat lain.

Baca Juga: Super Air Jet Buka Penerbangan Jakarta-Palembang, Tarif Tiket Rp 367.000

Adapun pesawat yang disiapkan yaitu Airbus 320-200 beregistasi PK-SAQ. Ia bilang, pesawat sudah menjalani pengecekan dan dinyatakan aman dioperasikan.

"Super Air Jet berkomitmen tetap mengutamakan operasional yang memenuhi faktor keselamatan dan keamanan penerbangan. Seluruh operasional penerbangan dilaksanakan berdasarkan standar operasional prosedur," kata dia.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.