Kompas TV nasional rumah pemilu

Berkoalisi dengan Gerindra, PKB Sebut Cak Imin Bersedia Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Kompas.tv - 19 Juni 2022, 19:50 WIB
berkoalisi-dengan-gerindra-pkb-sebut-cak-imin-bersedia-jadi-cawapres-prabowo-di-pilpres-2024

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (kanan) usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah sepakat membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya bersama Partai Gerindra untuk menghadapi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kami dengan Gerindra memastikan untuk membangun koalisi, dan tadi malam sudah dirumuskan terkait komitmen platformnya seperti apa. Kalau kapan tanggal mainnya, ya kita cari waktu yang tepat, momentum paling pas," kata Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda dalam program Kompas Petang, Kompas TV, Minggu (19/6/2022). 

Lebih lanjut, Huda mengungkapkan, dalam koalisi yang dinamakan Kebangkitan Indonesia Raya ini, Gerindra dan PKB sepakat bakal mengusung masing-masing ketua umumnya untuk maju pada Pilpres 2024.


Menurut penjelasannya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menjadi calon presiden (capres), sementara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersedia maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). 

"Kami menyadari kursi PKB di bawah Gerindra, artinya sebagai negarawan, politisi, Cak Imin tahu posisi itu. Cak Imin cukup sebagai calon wakil presiden dari Pak Prabowo," ujar Huda. 

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa seluruh kader PKB menyambut baik pasangan Prabowo-Cak Imin untuk maju di Pilpres 2024.

"Antusiasme kader luar biasa ini dianggap sebagai pasangan figur yang mempresentasikan Indonesia, dan kelihatannya teman-teman sudah siap kerja, tinggal berlayar," jelasnya. 

Di sisi lain, Huda menuturkan, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya tidak hanya terbatas kedua partai, mereka juga membuka pintu kerja sama dengan partai politik (parpol) lain.

Baca Juga: Tanggapan PDI Perjuangan Soal Pertemuan Cak Imin dan Prabowo: Hal yang Sangat Positif!

Wasekjen PKB Syaiful Huda di program Kompas Petang, Kompas TV, Minggu (19/6/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Tayangan Kompas TV)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.