Kompas TV regional peristiwa

Calon Haji Asal Sragen Wafat di Madinah, PPIH Embarkasi Solo Pastikan Almarhum Dibadalhajikan

Minggu, 19 Juni 2022 | 09:25 WIB
calon-haji-asal-sragen-wafat-di-madinah-ppih-embarkasi-solo-pastikan-almarhum-dibadalhajikan
Pemakaman Baqi, tempat dimakamkannya para jemaah calon haji asal Indonesia yang wafat di Madinah, Arab Saudi (Sumber: Kompastv/Ant)

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV — Calon haji asal Masaran, Sragen, Jawa Tengah, meninggal dunia karena serangan jantung di Masjid Nabawi, Madinah, Sabtu (18/6/2022).

Berdasarkan informasi yang diperoleh KOMPAS.TV, jemaah asal Sragen tersebut bernama Purnomo Sokariyo Sastro (61). Almarhum Purnomo tercatat sebagai jemaah calon haji (JCH) dari kelompok penerbangan (Kloter) 15.

Kloter 15 sendiri baru diberangkatkan ke Tanah Suci, pada Senin 13 Juni 2022. Artinya, rombongan JCH asal Sragen baru sekitar 5 hari di Madinah.

"Terdapat satu jemaah embarkasi Solo yang wafat di Arab Saudi asal Masaran Sragen kloter 15, sebab wafat penyakit jantung," kata Koordinator Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Syarul Samsudin dalam keterangannya, Sabtu (18/6) malam.

Lebih lanjut, Sarip mengatakan bahwa pemerintah memastikan jemaah calon haji yang meninggal sebelum wukuf akan dibadalhajikan.

Baca Juga: Belasan Ribu Calon Haji Indonesia Shalat Jumat Pertama di Masjidil Haram

Badal haji adalah pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan oleh seseorang atas nama orang lain yang sudah meninggal.

"Pemerintah membadalhajikan jemaah yang wafat sebelum wukuf," lanjutnya.

Terkait wafatnya satu calon haji asal Embarkasi Solo, Sarip mewakili pihak bertugas mengucapkan duka cita kepada keluarga yang dtinggalkan.

"Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kekuatan dan ketabahan. Kami atas nama PPIH Embarkasi Solo turut berduka cita," pungkasnya.

Sementara itu melansir TribunSolo.com, sebelum wafat Purnomo sempat mendapat serangan sesak nafas saat sedang beribadah di Masjid Nabawi, pukul 7.10 waktu setempat.

Pukul 7.25, ambulans datang, kemudian Purnomo dilarikan ke RS Al Safiah untuk mendapatkan penanganan medis. Lalu, pada pukul 8.10 Purnomo dinyatakan meninggal dunia.

Kini jenazah Purnomo akan dimakamkan di pemakaman Baqi. Diketahui, Baqi merupakan pemakaman tertua di Kota Madinah yang letaknya tepat di sebelah Masjid Nabawi yang luasnya mencapai 138 ribu meter persegi.

Baca Juga: Cerita Farah Fazira Jadi Calon Haji Termuda di Indonesia, Berangkat Usia 18 Tahun, Apa Rahasianya?


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x