Kompas TV nasional politik

SMRC Ungkap Faktor Elektabilitas Ganjar di Pemilih Partai Nasdem Bisa Lari ke Anies

Minggu, 19 Juni 2022 | 05:05 WIB
smrc-ungkap-faktor-elektabilitas-ganjar-di-pemilih-partai-nasdem-bisa-lari-ke-anies
Peneliti Saiful Mujani saat berdiskusi mengenai elit DPW Partai Nasdem yang mengusulkan nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai Capres Partai Nasdem, di SMRC TV, Sabtu (18/6/2022). (Sumber: YouTube SMRC TV)

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA KOMPAS.TV - Peneliti Saiful Mujani menilai elektabilitas atau keterpilihan Anies Baswedan, Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo di pemilih Partai Nasdem sebagai capres berpeluang naik.

Namun hal tersebut dapat berubah jika ketiganya tidak memberi respons positif atas usulan Partai  Nasdem.

Diketahui ketiganya merupakan kandidat capres dari Partai Nasdem yang telah diumumkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam Rakernas partai di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: Anies dan Ganjar Masuk Bursa Capres, SMRC: Usul Elite Nasdem Cukup Konsisten dengan Aspirasi Publik

Saiful Mujani menjelaskan dalam hasil survei Desember 2021, elektabilitas Anies di pemilih Partai Nasdem Pemilu 2019 mendapat 11 persen suara. Sedangkan Ganjar mendapat 22 persen suara dari responden pemilih Partai Nasdem Pemilu 2019.

Keterpilihan kedua nama tersebut naik di survei SMRC pada Maret 2022. Anies mendapat 26 persen dan Ganjar 27 persen suara. 

Kemudian di Survei Mei 2022, elektabilitas Ganjar jauh melampaui Anies. Anies 31 persen dan Ganjar mendapat 41 persen suara responden pemilih Nasdem di Pemilu 2019.

Baca Juga: Ini Alasan NasDem Pilih Ganjar, Anies, dan Andika Perkasa sebagai Kandidat Capres

"Tren sekarang di pemilih Nasdem kecenderungannya kuat ke Ganjar dan Anies," ujar pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) itu saat diskusi yang ditayangkan di YouTube SMRC TV, Sabtu (18/6/2022).

Saiful menambahkan meski elektabilitas Ganjar di pemilih Nasdem lebih tinggi dibanding Anies, tetapi ada kemungkinan nama Gubernur Jawa Tengah itu akan ditinggalkan pemilih Partai Nasdem.

Menurut Saiful Mujani, jika nantinya keinginan DPW Partai Nasdem tidak direspons secara positif oleh Ganjar, maka akan menguntungkan calon alternatif lain yakni Anies dan Andika.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Masuk Bursa Capres Usungan NasDem, Begini Tanggapan PDIP

"Kemungkinan itu akan terjadi dan kecenderungannya pemilih Nasdem ke calon alternatif ini semakin positif," ujar Saiful.

Respons Anies, Ganjar dan Andika

Ganjar yang merupakan kader banteng sudah menyatakan tetap berada di PDI Perjuangan (PDIP). 

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV/Antara/Kompas.com

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x