Kompas TV internasional kompas dunia

Gedung Enam Lantai di Kairo Mesir Ambruk, Enam Orang Tewas

Sabtu, 18 Juni 2022 | 16:23 WIB
gedung-enam-lantai-di-kairo-mesir-ambruk-enam-orang-tewas
Petugas membersihkan debris reruntuhan gedung enam lantai yang ambruk di Kairo, Mesir, Jumat (17/6/2022). (Sumber: Ahmed Hatem/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

KAIRO, KOMPAS.TV - Sebuah gedung enam lantai di Kairo, Ibu Kota Mesir, ambruk pada Jumat (17/6/2022). Insiden gedung ambruk ini menewaskan setidaknya enam orang.

Penyebab ambruknya gedung enam lantai tersebut belum diketahui. Hingga berita ini diturunkan, petugas pencarian dan penyelamatan masih mencari-cari di reruntuhan.

Menurut laporan Associated Press, keluarga beranggotakan enam orang berada di dalam gedung itu ketika ambruk.

Informasi tersebut disampaikan Wakil Gubernur Kairo Ibrahim Abdul-Hadi dalam pernyataannya yang dirilis Kementerian Dalam Negeri Mesir.

Insiden ini terjadi di permukiman El-Waily pada Jumat (17/6) subuh waktu setempat. 

Baca Juga: Buntut Gedung 10 Lantai Ambruk di Iran, Wali Kota Ditangkap Polisi setelah Dihajar Warga

Petugas segera mendatangi lokasi dan meminta warga menjauh dari gedung-gedung sekitar lokasi. Pasalnya, keamanan struktur gedung-gedung di sekitar lokasi kejadian dikhawatirkan juga mudah ambles.

Menurut pantauan Associated Press, petugas masih menyingkirkan debris dengan buldoser dan alat-alat lain per Jumat (17/6) siang waktu setempat. 

Ambruknya gedung tersebut juga berdampak pada sebuah gedung di sampingnya yang sebagian dindingnya ambles.

Insiden gedung ambruk cukup umum terjadi di Mesir. Alasan utamanya adalah konstruksi yang buruk serta kurangnya perawatan. Insiden ini kerap terjadi di pinggiran kota dan lingkungan miskin.

Pemerintah Mesir sendiri telah berupaya memberantas pembangunan gedung ilegal beberapa tahun belakangan.

Gedung-gedung yang tak memenuhi standar kerap didirikan karena kurangnya ketatnya penegakan hukum selama berdekade-dekade.

Baca Juga: Pengadilan Kairo Jatuhi Nehru Tawfiq Vonis Mati dalam Pembunuh Pendeta Kristen Koptik di Mesir

 


Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


VOD

Sail Teluk Cenderawasih Upaya Tingkatkan Investasi

Sabtu, 4 Februari 2023 | 23:39 WIB
Close Ads x