Kompas TV entertainment lifestyle

Ahli Gizi: Jangan Minum Kopi di 5 Waktu Ini, Ada Bahayanya

Kompas.tv - 18 Juni 2022, 16:38 WIB
ahli-gizi-jangan-minum-kopi-di-5-waktu-ini-ada-bahayanya
Foto ilustrasi orang membaca koran dan minum kopi. Ini waktu terburuk minum kopi. (Sumber: Pexels/Daria Shevtsova)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kopi menjadi salah satu minuman yang cukup populer karena segudang manfaatnya, tetapi ada beberapa waktu terburuk untuk minum kopi.

Kopi menjadi minuman favorit karena kemampuannya yang dapat meningkatkan fokus dan mengusir kantuk.

Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melawan demensia, penyakit menurunnya daya ingat dan cara berpikir.

Baca Juga: Penelitan Sebut Minum Kopi Berpeluang Hidup Lebih Lama, Ini Penjelasannya

Namun, waktu minum kopi juga harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaat tersebut. Terdapat beberapa waktu minum kopi yang justru mendatangkan lebih banyak kerugian.

5 Waktu Terburuk Minum Kopi

1. Jam 12 siang

Meski minum kopi di waktu siang hari tampak seperti hal biasa, faktanya, minum kopi siang hari dapat mengganggu jadwal tidur.

Ahli Gizi Ella Davar merekomendasikan untuk minum cold brew pada pagi hari karena memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi ketimbang kopi panas.

“Ini karena biasanya membutuhkan lebih banyak bubuk kopi untuk membuat cold brew daripada kopi panas, yang membuat kopi lebih pekat,” kata Davar, mengutip Eat This, Sabtu (18/6/2022).

Minum kopi cold brew pada jam 11.30 dapat menjadi pilihan dan membuat Anda bertahan cukup lama sehingga lupa dengan kopi sore Anda.

2. Jika Anda sudah minum 2 gelas kopi

Katzman mengimbau pada penikmat kopi untuk membatasi asupan kopi per harinya, yakni 2-3 cangkir. Jika minum lebih dari jumlah batasan, risiko dehidrasi akan lebih tinggi.



Sumber : Eat This

BERITA LAINNYA



Close Ads x