Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Diinvasi Rusia, Ukraina Akhirnya Direkomendasikan Dapat Status Calon Anggota Uni Eropa

Kompas.tv - 18 Juni 2022, 05:25 WIB
diinvasi-rusia-ukraina-akhirnya-direkomendasikan-dapat-status-calon-anggota-uni-eropa
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berbicara dalam konferensi pers usai pertemuan para komisioner di markas Uni Eropa di Brussel, Belgia, Jumat (17/6/2022). (Sumber: AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

BRUSSEL, KOMPAS.TV – Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, akhirnya merekomendasikan pencalonan keanggotaan Uni Eropa bagi Ukraina, Jumat (17/6/2022).

Rekomendasi ini merupakan pembangkit semangat sekaligus langkah awal jalan panjang Ukraina bergabung dengan blok 27 negara Eropa itu.

Namun, jika Ukraina berharap penilaian positif Komisi Eropa ini akan berarti jalan tol bebas hambatan menuju keanggotaan Uni Eropa, maka harapan mereka sepertinya akan pupus.

“Memulai aksesi negosiasi jalannya masih panjang,” kata Oliver Varhelyi, komisioner Uni Eropa, dikutip dari Associated Press.

“Begitu persyaratannya terpenuhi, maka kita harus kembali dan merefleksikannya. Ini bukan untuk hari ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Pemimpin Negara Uni Eropa Dukung Bergabungnya Ukraina, Rusia Balas dengan Penghinaan

Komisi Eropa menyampaikan usulannya untuk memberikan status kandidat bagi Ukraina setelah menganalisis jawaban atas berbagai pertanyaan mendetail. Pemerintah Ukraina mengajukan keanggotaan Uni Eropa beberapa hari setelah Rusia menginvasi negara itu pada 24 Februari lalu.

“Ukraina siap untuk mati demi perspektif Eropa,” ujar Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, yang mengenakan pakaian berwarna kuning dan biru sebagai simbol bendera Ukraina. 

“Kami ingin mereka hidup, bersama kami, mimpi Eropa,” imbuhnya.

Para pemimpin negara anggota blok Eropa itu dijadwalkan mendiskusikan rekomendasi itu dalam pertemuan pekan depan di Brussel. Rekomendasi Komisi Eropa itu, meskipun merupakan sinyal solidaritas kuat bagi Ukraina, tampaknya butuh waktu tahunan, bahkan dekade, untuk terwujud menjadi keanggotaan Uni Eropa.

Bahkan dimungkinkan, status kandidat akhirnya dicabut jika reformasi yang diminta oleh Uni Eropa demi menyelaraskan dengan standar Uni Eropa, tidak dilakukan Ukraina. 

Bersama Ukraina, Komisi Eropa juga merekomendasikan status kandidat anggota pada negara tetangga Moldova. Komisi Eropa juga meninjau pengajuan keanggotaan dari Georgia, namun menyebut bahwa negara Kaukasus itu harus memenuhi sejumlah persyaratan terlebih dahulu.

Syarat Bergabung Uni Eropa

Penambahan anggota baru perlu persetujuan bulat dari seluruh negara anggota Uni Eropa. Mereka pun telah mengungkap pandangan berbeda-beda terkait betapa cepatnya menambahkan Ukraina dalam kelompok mereka.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x