Kompas TV nasional hukum

Gaduh Meme Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo: Saya Enggak Berniat Menjelekkan Presiden dan Umat Budha

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 19:19 WIB
gaduh-meme-stupa-mirip-jokowi-roy-suryo-saya-enggak-berniat-menjelekkan-presiden-dan-umat-budha
Pakar telematika Roy Suryo (tengah) saat tampil dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Jumat (17/6/2022). Roy Suryo dipolisikan karena meme Borobudur. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar telematika Roy Suryo buka suara terkait kegaduhan akibat foto meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo atau Jokowi hingga akhirnya viral di media sosial Twitter.

Dalam wawancaranya pada program Kompas Petang di Kompas TV, Roy Suryo membenarkan dirinya telah dilaporkan ke polisi oleh dua kelompok tertentu. Salah satunya Dharmapala Nusantara.

Baca Juga: Soal Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Kuasa Hukum: Roy Suryo Tak Bisa Dipidana karena Bukan Pelaku

"Iya betul, ada dua kelompok yang melaporkan saya, tapi saya belum lihat LP-nya (laporan polisi)," kata Roy Suryo, Jumat (17/6/2022).

Menurut Roy Suryo, meme stupa mirip Jokowi tersebut sebetulnya sudah ramai sejak tanggal 7 Juni 2022. Lalu pada tanggal 8 Juni, meme itu muncul lagi di salah satu media sosial.

Roy Suryo mengaku sempat di-mention dalam unggahan meme stupa mirip Jokowi tersebut.

"Postingan itu sudah ramai sebelumnya, tanggal 7 (Juni) sudah ramai, tanggal 8 (Juni) muncul di salah satu medsos dan kata-katanya ramai. Saya di-mention," ujarnya.

Baca Juga: Roy Suryo Laporkan Pengunggah Pertama Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Roy Suryo menilai foto yang meme stupa yang diedit itu sadis sekaligus lucu karena ada unsur kreatifitas dari netizen. Namun, ia menyadari bahwa lucu tersebut belum tentu menyenangkan.

"Editing-nya sadis, tapi menurut saya juga lucu karena ada kreatifitas netizen. Lucu itu belum tentu menyenangkan sama halnya dengan ambyar," ucap Roy.

Roy Suryo mengaku sudah mengumpulkan alamat-alamat situs (url) yang mengunggah foto meme tersebut. Namun demikian, ia menyebut unggahan itu sudah hilang alias dihapus.


Roy Suryo membantah jika dirinya dianggap sebagai pelau yang mengedit foto meme stupa itu. Roy menilai dirinya dijadikan sasaran oleh para pendengung atau buzzer.

Baca Juga: Imbas Unggah Foto Stupa Mirip Jokowi, Roy Suryo akan Dipolisikan karena Dianggap Menodai Agama Budha



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x