Kompas TV regional berita daerah

Kompetisi Surfing Tingkat Nasional Digelar di Parangtritis Bantul, Cek Jadwalnya

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 11:49 WIB
kompetisi-surfing-tingkat-nasional-digelar-di-parangtritis-bantul-cek-jadwalnya
Pemandangan senja di Pantai Parangtritis, Yogyakarta. (Sumber: Shutterstock/Naufal Image)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kompetisi berselancar atau surfing tingkat nasional bakal digelar di Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (18/6/2022) dan Minggu (19/6).

Perhelatan yang menjadi bagian dari peringatan HUT ke-69 SAR Satlinmas dan HUT ke-72 Satpol PP ini gratis dan berhadiah total Rp20 juta.

Menurut Ketua Panitia sekaligus Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Kabupaten Bantul ‎Arief Nugraha, DIY khususnya Bantul memiliki potensi atlet surfing.

Terbukti ada peselancar dari Bantul yang berprestasi pada pertandingan ekshibisi PON Papua, tahun lalu.

"Di Parangtritis dari dulu sudah ada surfing, tetapi belum terlalu dikenal, banyak orang mengira Parangtritis tidak bisa untuk berselancar,” ujarnya, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: Gelombang Tinggi Dimanfaatkan Peselancar Berlatih Surfing

Ia mengungkapkan, sebenarnya perhelatan bertajuk SAR Satlinmas Parangtritis National Surfing Competition ini direncanakan digelar pada April 2022. Namun, karena bertepatan dengan bulan puasa, kegiatan ini diundur.

Ia menargetkan 100 peselancar dari seluruh daerah di Indonesia akan ikut berkompetisi. Sejauh ini, pendaftar datang dari Serang, Bali, dan Banyuwangi.


Sementara, Humas Persatuan Selancar Ombak Indonesia  (PSOI) DIY Ivan Galang menuturkan, PSOI akan terlibat dalam regulasi, mekanisme dan penjurian.

Adapun kompetisi besok akan dibagi menjadi tiga kelas, yakni Open Division, Women Division dan Local Division.

Ia menilai potensi atlet dari Bantul cukup besar karena mereka sudah memiliki fasilitas papan untuk berlatih dan tentu saja ombak Pantai Parangtritis.

Baca Juga: Liga Surfing Jadi Ajang Pencarian Bibit Atlet

“Harapannya akan semakin banyak muncul atlet dari Bantul yang berlaga di kejuaraan tingkat daerah, nasional bahkan internasional,” ucap Ivan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x