Kompas TV nasional hukum

Roy Suryo Laporkan Pengunggah Pertama Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 06:50 WIB
roy-suryo-laporkan-pengunggah-pertama-foto-stupa-candi-borobudur-mirip-jokowi
Pakar telematika Roy Suryo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020). (Sumber: (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA))
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar telematika Roy Suryo melaporkan pihak yang mengunggah pertama kali foto meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo atau Jokwoi ke Polda Metro Jaya.

Laporan Roy Suryo kepada pengunggah pertama itu dilakukan pada Kamis (16/6/2022). Laporan itu tercatat dengan nomor LP/B/2970/VI/SPKT/Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Roy Suryo Ungkap Alasan Hapus Unggahan Foto Stupa Mirip Jokowi di Twitter

Dalam pernyataannya, Roy Suryo mengatakan dirinya merasa perlu melaporkan hal itu karena dianggap telah menodai agama Budha.

"Kedatangan saya ke sini bersama kuasa hukum saya maka kami melaporkan yang korbannya adalah teman-teman Budha dan masyarakat Indonesia karena menjadi korban adu domba," kata Roy kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Menurut Roy Suryo, unggahan foto meme stupa mirip Jokowi tersebut sudah dilakukan oleh orang lain sejak 7 Juni 2022. Sedangkan dirinya baru mengunggah foto meme tersebut pada 10 Juni 2022.

"Ada postingan yang muncul pertama kali pada 7 Juni 2022. Saya sendiri upload pada 10 Juni 2022,” ujar Roy Suryo.


Baca Juga: Roy Suryo Bisa Dijerat Hukum karena Unggah Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

“Pada 8 Juni ada media online yang memuatnya, dan link-nya sampai sekarang masih hidup. Kemudian tangal 9 ada lagi yang posting, kemudian pada tanggal 10 ada seseorang mention saya sambil lampirkan gambar ini."

Lebih lanjut, Roy Suryo mengaku pada saat dirinya mengunggah foto meme stupa mirip Jokowi, tidak ada respons apa pun sebelumnya.

Namun, kata dia, pada 14 Juni 2022 baru ada penggiringan opini. Menurut Roy Suryo upaya penggiringan opini itu dilakukan oleh buzzer.

"Dengan segala cara sehingga lakukan upaya seolah-olah supaya saya lah yang buat meme itu,” tutur Roy Suryo.

Baca Juga: Klarifikasi Unggahan Candi Borobudur Mirip Jokowi, Roy Suryo: Itu Unggahan Dari Akun Twitter Lain!

“Jadi disebut-sebut foto stupa Candi Borobudur atau sang Budha itu diedit, di-editing yang dilakukan oleh Roy Suryo ada kalimat itu. Roy Suryo upload editing, ada dan sebagainya sehingga viral."



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.