Kompas TV olahraga kompas sport

Lolos Piala Asia 2023, Skuad Timnas Indonesia Diguyur Bonus Rp2 Miliar

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 04:10 WIB
lolos-piala-asia-2023-skuad-timnas-indonesia-diguyur-bonus-rp2-miliar
Skuad Timnas Indonesia diguyur bonus Rp2 miliar seusai keberhasilan lolos ke Piala Asia 2023. (Sumber: Antara Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Skuad Timnas Indonesia diguyur bonus dengan total mencapai Rp2 miliar seusai keberhasilan lolos ke Piala Asia 2023.

Skuad Garuda lolos ke Piala Asia setelah menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik di babak kualifikasi dengan dua kemenangan atas tuan rumah Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0).

Atas capaian tersebut, PSSI pun lantas memberikan apresiasi berupa bonus yang mencapai Rp2 miliar.

Jumlah tersebut berasal dari PSSI sendiri senilai Rp1,5 miliar sisanya dari swasta.

"Selain itu ada Rp500 juta dari Gilang (pengusaha kosmetik Gilang Widya Pramana-red)," kata Yunus dilansir dari Antara, Kamis (16/6/2022).

Bonus tersebut telah diberikan PSSI secara simbolis kepada perwakilan pemain yaitu kapten Fachruddin Aryanto dan kiper Nadeo Argawinata.

Baca Juga: Pengamat: Shin Tae-yong Berperan Besar Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Keberhasilan lolos ke Piala Asia sekaligus menyudahi penantian 15 tahun Indonesia untuk tampil di turnamen terbesar sepak bola antar negara Asia itu.

Terakhir kali Timnas Indonesia tampil di Piala Asia terjadi pada 2007 silam saat menjadi tuan rumah bersama Vietnam, Thailand dan Malaysia.


Saat itu, Indonesia gagal lolos dari penyisihan grup setelah kalah bersaing dengan Bahrain, Korea Selatan dan Arab Saudi.

Membuka laga pertama dengan kemenangan atas Bahrain 2-1, Indonesia yang saat itu dilatih Ivan Kolev gagal lolos setelah kalah 2-1 dari Arab Saudi dan 1-0 dari Korea Selatan di dua laga selanjutnya.

Sementara itu di tiga edisi Piala Asia sebelumnya pada tahuan 1996, 2000 dan 2004, Timnas Indonesia juga meraih hasil serupa dengan gagal lolos dari penyisihan grup.

Diharapkan pada penampilan kelima di Piala Asia 2023 mendatang, Timnas Indonesia mampu mencatatkan hasil yang lebih baik daripada empat partisipasi sebelumnya.

Baca Juga: Lolos Piala Asia 2023, Hal Ini Harus Dipersiapkan Timnas Indonesia agar Tak Hanya Jadi Penggembira



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x