Kompas TV nasional agama

Menag Yaqut Pimpin Amirul Hajj 1443 H di Arab Saudi, Apa itu?

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 20:13 WIB
menag-yaqut-pimpin-amirul-hajj-1443-h-di-arab-saudi-apa-itu
Menag Yaqut saat bersama Syaikh Abdullatif, Menteri Urusan Agama Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi, di Bandara Soekarno Hatta. Ia pun memimpin Amirul Hajj 2022 (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin delegasi Amirul Hajj pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Menag Yaqut mulai bertugas memimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi mulai 28 Juni sampai 19 Juli 2022.

“Bapak Presiden sudah memberikan arahan kepada saya untuk menjadi Amirul Hajj untuk tahun ini, memimpin delegasi misi haji Indonesia,” ujar Menag Yaqut di Jakarta, dilansir Antara, Kamis (16/6/2022).

Indonesia sendiri per hari ini, Kamis (16/6/2022), sudah memasuki hari kedua belas pemberangkatan jemaah ke Tanah Suci.

Total sudah 32.732 calon haji yang diterbangkan ke Arab Saudi sejak kali pertama diberangkatkan pada Sabtu 4 juni 2022. 

"Total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 32.732 orang," kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Kamis (16/6/2022).

Apa itu Amirul Hajj?

Sesuai dengan Taklimatul Hajj atau peraturan yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi terkait haji, setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji atau yang disebut dengan Amirul Hajj.

Amirul Hajj ini bertanggung jawab pada setiap negara dan delegasinya dalam proses haji.

Sebagai Amirul Hajj, Menag Yaqut akan didampingi delegasi yang terdiri dari tiga orang naib (wakil), satu sekretaris, dan delapan anggota.

Sebagian besar di antara mereka merupakan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam.

"Saya berterima kasih atas kesediaan bapak sekalian untuk memenuhi harapan kami, bergabung dalam delegasi Amirul Hajj tahun ini," kata Menag Yaqut saat memimpin rapat persiapan pemberangkatan Amirul Hajj.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x