Kompas TV regional berita daerah

30 Persen Kasus Penyakit Mulut Dan Kuku di Kediri Dinyatakan Sembuh

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 17:54 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Jumlah kasus penyakit mulut dan kuku di Kota Kediri saat ini telah mencapai 100 ekor lebih. Petugas kesehatan hewan kini rutin melakukan pemeriksaan dan penyuntikan vitamin, bagi sapi yang terpapar penyakit mulut dan kuku.

Berkat usaha tersebut, jumlah sapi yang sembuh terus mengalami peningkatan. Bahkan, selama 2 pekan terakhir ini, 30 ekor sapi yang sebelumnya terpapar penyakit mulut dan kuku telah dinyatakan sembuh.

Tidak hanya itu, di tengah meningkatnya kasus tidak ada satu ekor sapi pun yang mati akibat terjangkit penyakit mulut dan kuku. Selain penyuntikan vitamin, faktor kebersihan kandang juga mempercepat proses penyembuhan.

Para peternak kini diimbau agar lebih menjaga kebersihan kandang dan kondisi sapi. Sehingga penyembuhan penyakit mulut dan kuku bisa berlangsung lebih cepat.

Sementara untuk vaksinasi PMK hingga kini Pemerintah Kota Kediri masih melakukan pendataan jumlah peternak. Nanti vaksinasi tersebut akan terlebih dahulu difokuskan bagi sapi pedaging dan sapi perah.

#kediri #pmk #wabahpmk #sapi #peternakan #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x