Kompas TV nasional peristiwa

Zulkifli Hasan Syok Harga Bahan Pokok Naik, Hadi Tjahjanto Rapat Bahas Masalah HGU

Kamis, 16 Juni 2022 | 16:12 WIB
zulkifli-hasan-syok-harga-bahan-pokok-naik-hadi-tjahjanto-rapat-bahas-masalah-hgu
Presiden Joko Widodo menunjuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Pelantikan Zulkifli Hasan dilakukan di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). (Sumber: KOMPAS TV)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto langsung menjalankan aksinya sebagai pemimpin kementerian.

Zulkifli Hasan memilih langsung turun ke lapangan untuk memantau langsung harga-harga bahan pokok.

Tapi kemudian Ia mengaku syok, karena pembeli dan pedagang mengeluh soal kenaikan harga bahan pokok.

Kenaikan bahan pokok, yang dikeluhkan pembeli dan pedagang sebetulnya bukan hal yang baru terjadi. Misal, cabe rawit sudah sejak pekan lalu harganya berada berada di atas Rp100.000.

Baca Juga: Mendag Zulhas Cek Harga ke Pasar Cibubur: Saya Syok, Pedagang Ngeluh, Pembeli Juga Ngeluh


“Saya terus terang syok juga, pembeli ngeluh, pedagang juga ngeluh, terasa beban hidup itu meningkat,” ucapnya, Kamis (16/6/2022).

Zulkifli menyampaikan, kenaikan harga pokok tidak lepas dari pengaruh impor. Seperti halnya daging ayam yang pakannya impor.

“Jadi kita sangat tergantung dengan barang impor. Problem utama kita. Jadi mengatasi ini bukan mengatur pedagang. Masalah kita karena tergantung barang impor,” ujarnya.

Sementara itu, jika Zulkifli Hasan langsung terjun ke lapangan, tidak demikian dengan Hadi Tjahjanto.

Hadi yang merupakan mantan Panglima TNI lebih memilih menggelar rapat untuk mengetahui kendala kementerian yang dipimpinnya sehingga mendapatkan solusi.

“Yang jelas tadi saya sampaikan bahwa permasalahan yang harus segera diselesaikan dan masyarakat menginginkan realisasinya adalah permasalahan HGU (Hak Guna Usaha)” ucapnya.

Baca Juga: Sehari Jadi Menteri, Zulhas Langsung Turun ke Pasar: Masalah Utama Kita Bergantung Impor

Hadi tidak hanya menggelar rapat untuk memetakan kendala dan mencari solusi terkait persoalan yang ditangani kementeriannya.

Dia mengaku juga berkoordinasi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar untuk bisa menyelesaikan permasalahan. Dalam waktu dekat, Hadi pun memastikan akan turun ke spot yang bermasalah.

“Minggu depan saya sudah langsung ke spot, permasalahannya apa, sehingga permasalahan-permasalahan tidak terus berkembang dan cepat selesai,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan kemarin, Presiden Joko Widodo melantik Menteri dan Wakil Menteri untuk Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024.

Hal itu sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Zulkifli Hasan diberikan tugas dan tanggung jawab sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x