Kompas TV video vod

Kementerian Pertanian Siapkan 5 Strategi Pembangunan Pertanian, Begini Strateginya...

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 09:25 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Sektor pertanian menjadi andalan perekonomian Indonesia, bahkan rendahnya inflasi disokong suplai pangan yang terjaga.

Dalam menghadapi tantangan krisis pangan global, pemerintah telah menyusun rangkaian strategi untuk memperkuat ketahanan pangan.

Menurut Kementerian Pertanian, tantangan ketahanan pangan diawali pandemi covid-19, dampak perubahan iklim, hingga konflik Rusia-Ukraina.

Namun hal ini tidak terjadi di Indonesia karena kuatnya sektor pertanian di indonesia.

Untuk menjawab tantangan global dan prediksi krisis pangan, maka sejumlah strategi harus disiapkan.

Baca Juga: Persepi Nilai Politik Transaksional di Pemilu 2024 Masih Ada, Ini Faktornya

Ada 5 strategi pembangunan pertanian untuk mendukung ketahanan pangan dan peningkatan daya saing berkelanjutan, seperti peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi pangan lokal, penguatan cadangan dan sistem logistik pangan, serta  pengembangan pertanian modern, dan gerakan tiga kali ekspor.

Kementerian Pertanian salah satunya akan mengembangkan Lahan Rawa di Kalimantan Tengah  menjadi areal tanam padi, jagung, bawang merah, dan cabai di tahun 2022 ini.

Kementan mendorong diversifikasi pangan lokal berbasis kearifan lokal, seperti ubi kayu, sagu, pisang, kentang, hinga sorgum.

Sementara untuk menjaga stabilitas pangan, Kementerian Keuangan pun menyiapkan anggaran untuk menunjang ketahanan pangan Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.