Kompas TV internasional kompas dunia

Foto: Pemandangan Supermoon dari Berbagai Penjuru Dunia, Menerangi Monumen-Monumen Bersejarah

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 00:46 WIB
foto-pemandangan-supermoon-dari-berbagai-penjuru-dunia-menerangi-monumen-monumen-bersejarah
Supermoon berwarna oranye yang menerangi Menara Galata, Istanbul, Turki, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Emrah Gurel/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Fenomena supermoon mencapai puncaknya pada Selasa (14/6/2022) lalu di berbagai penjuru dunia.

Fenomena ini terjadi ketika bulan terlihat penuh dan lebih besar dari biasanya karena kedekatannya dengan Bumi.

Supermoon kerap menjadi momen yang ditunggu penikmat pemandangan langit. Dari Baghdad, Irak hingga New York, Amerika Serikat (AS) dan Zagreb, Kroasia; berikut pemandangan supermoon yang dikumpulkan fotografer Associated Press dari berbagai penjuru.

Penampakan supermoon di balik salib Gereja Santo Yusuf Baghdad, Irak, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Hadi Mizban/Associated Press)
Bulan penuh supermoon di cakrawala kota Marseille, Prancis, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Daniel Cole/Associated Press)
Penampakan bulan yang 98 persen penuh satu hari sebelum puncak supermoon, Senin (13/6/2022). Foto diambil di York, Maine, Amerika Serikat (AS). (Sumber: Julio Cortez/Associated Press)
Pemandangan supermoon di langit Gunung Fledberg, dekat Frankfurt, Jerman, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Michael Probst/Associated Press)

Fenomena supermoon juga dikenal sebagai “bulan stroberi”. Pasalnya, fenomena tersebut terjadi bertepatan dengan waktu panen stroberi di Amerika Utara.

Bulan penuh kala supermoon terpampang jelas di horison, menjadi suatu pertunjukkan astronomis yang luar biasa. Di sejumlah tempat, terkadang bulan besar terlihat oranye atau kemerahan di langit.

Supermoon pada Selasa (14/6) lalu menerangi monumen-monumen bersejarah di dunia. Ia mencetak siluet Kota Terlarang Beijing di lembar foto, menerangi Patung Liberty di New York, serta menyirami pilar-pilar Kuil Posiedon di Tanjung Sounion, dekat Athena, Yunani.

Supermoon berwarna oranye yang menerangi Menara Galata, Istanbul, Turki, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Emrah Gurel/Associated Press)
Cahaya bulan supermoon menimbulkan siluet dekorasi atap sebuah menara di Kota Terlarang Beijing, China, Selasa (14/6/2022) (Sumber: Ng Han Guan/Associated Press)
Cahaya bulan supermoon menerangi patung Tomislav dari Kroasia, raja pertama Kroasia. Foto diambil di Zagreb, Kroasia, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Darko Bandic/Associated Press)
Penampakan bulan supermoon di Katedral St. Isak, St. Petersburg, Rusia, Senin (13/6/2022). (Sumber: Dmitry Lovetsky/Associated Press)
Pemandangan bulan supermoon dari balik Patung Liberty, New York, Amerika Serikat (AS), Selasa (14/6/2022). (Sumber: J. David Ake/Associated Press)
Pemandangan bulan supermoon dari Kuil Poseidon di Tanjung Sounion, dekat Athena, Yunani, Selasa (14/6/2022). (Sumber: Thanassis Stavrakis/Associated Press)


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.