Kompas TV nasional rumah pemilu

Ketua KPU, Artis, hingga Duta Wisata Indonesia Bahas Pemilihan Umum dan Generasi Muda

Rabu, 15 Juni 2022 | 22:49 WIB
ketua-kpu-artis-hingga-duta-wisata-indonesia-bahas-pemilihan-umum-dan-generasi-muda
Peluncuran Rumah Pemilu 2024. Sejumlah narasumber hadir pada peluncuran Rumah Pemilu 2024 dan membicarakan tentang Pemilihan Umum (Pemilu 2024) bagi generasi muda. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah narasumber hadir pada peluncuran Rumah Pemilu 2024 dan membicarakan tentang Pemilihan Umum (Pemilu 2024) bagi generasi muda.

Peluncuran Rumah Pemilu 2024 tersebut melalui program Satu Meja The Forum Spesial di Kompas TV, Rabu (15/6/2022) malam

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya membaca banyak hal untuk menggelar Pemilu 2024, termasuk hasil survei sejumlah lembaga.

“Di antaranya survei yang dilaksanakan oleh lembaga survei, termasuk Kompas, tentang bagaimana memperlakukan atau memberikan layanan pada generasi muda yang luar biasa banyaknya,” kata dia.

Kedua, lanjut Hasyim, mengenai media. Pihaknya akan mencari tahu tentang media apa yang paling digemari dan paling banyak diakses oleh para generasi muda.

“Tapi, yang  jauh lebih penting, yang membuat anak-anak muda hadir adalah kira-kira calon yang ditampilkan parpol itu menarik atau tidak?”

Baca Juga: Kompas TV Luncurkan Rumah Pemilu 2024, Catat Waktu dan Narasumber Penting yang akan Hadir

“Soalnya orang hadir memilih di antaranya karena dua hal. Pertama adalah tokoh atau calon yang ditampilkan. Kedua, isu-isu kampanye yang mau diperjuangkan,” tuturnya.

Tokoh yang diusung, kata dia apakah cukup meyakinkan ketika dipercaya memperjuangkan isu-isu tersebut, dan isu-isu tersebut apakah bersentuhan langsung dengan kepentingan pemilih.

Sementara, aktivis sosial, Inaya Wahid, melihat bahwa keterlibatan generasi muda pada Pemilu 2019 lalu cukup tinggi.

“Keterlibatannya mereka itu semakin besar, tapi nggak tahu, itu kan pemilu kemarin ya. Kalau yang besok nggak tahu deh.”

Meski demikian, Inaya menilai generasi muda saat ini sebenarnya lebih melek politik dan melek melek situasi, termasuk kondisi masyarakat.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x