Kompas TV entertainment selebriti

Cerita Marshanda Saat Tahu Idap Tumor Payudara: Awalnya Demam Tinggi

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 04:15 WIB
cerita-marshanda-saat-tahu-idap-tumor-payudara-awalnya-demam-tinggi
Marshanda bercerita tentang tumor payudara yang diidapnya. (Sumber: Youtube/MARSHED)
Penulis : Dian Septina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Artis peran Marshanda akhirnya buka suara terkait penyakit tumor payudara yang diderita. Ini berawal saat artis 32 tahun itu mengalami panas tinggi pada Agustus 2021 lalu.

Ia mengira, tubuhnya panas tinggi karena terpapar Covid-19. Namun, setelah melakukan serangkaian tes, termasuk darah, ia dinyatakan negatif Covid-19 dan darahnya bersih, tidak ada tumor.

“Agustus 2021, aku sempat panas tinggi 39,6 (derajat) diopname takut kenapa-kenapa, swab negatif. Aku tes darah tapi enggak ada tumor,” ucap Marshanda dalam wawancara via Zoom, dilansir Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Kebetulan Marshanda memiliki teman yang mengerti tentang penyakit tumor, pernah mengecek darah dari Marshanda. Saat itu, sang teman menyebut Marshanda memiliki kecenderungan terkena tumor.

Baca Juga: Marshanda Idap Tumor Payudara, Ini Bedanya dengan Kanker Payudara

“Aku pernah interview beliau. Aku dekat banget sama dia. Dia bilang baca hasil (darah) aku, dia cuma ngomong ‘Ca ini dari hasil darah kamu, kamu punya cenderung besar kanker one day’,” kata Marshanda.

Sejak saat itu, Marshanda mulai merasa ada benjolan di payudaranya. Baru pada Desember 2021, Marshanda melakukan tes di rumah sakit kawasan Jakarta Pusat dan diketahui ada tumor yang bersarang di payudaranya.


“Kata (dokter) ini aman, aku cuek tapi lama-lama gede. Desember, aku melakukan mammogram dan ultra USG di rumah sakit di Jakarta Pusat, aku dibilang punya tumor tapi pas Desember datanya, ada beberapa tumor di kanan,” ujar Marshanda.

“Payudara kiri ada kista. Kalau kanan ada beberapa tumor, satu 2,4 cm, satu lagi di bawah 2,4 cm,” sambungnya.

Baca Juga: Idap Tumor Payudara, Marshanda: Gue Pengen Dikenang sebagai Lover dan Healer

Saat ini, Marshanda rutin memeriksakan kondisi kesehatannya karena khawatir menjadi kanker.

“Intinya sekarang aku lakuin ini karena ada kecenderungan kanker, insya Allah enggak jadi kanker,” ungkap Marshanda.

“Jadi, sekarang yang aku lakukan aku belajar berbagai macam, healing semua cara aku tempuh. Yang pasti aku mau berjuang hidup,” katanya lagi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.