Kompas TV olahraga kompas sport

Ini Daftar Lengkap Pembagian Grup World Cup 2022 di Qatar, Jagomu Negara Mana?

Kompas.tv - Diperbarui 30 Oktober 2022, 10:42 WIB
ini-daftar-lengkap-pembagian-grup-world-cup-2022-di-qatar-jagomu-negara-mana
Ilustrasi. Sebuah instalasi yang dipasang menyambut gelaran Piala Dunia 2022 di Doha Exhibition and Convention Center, Doha, Qatar. Foto diambil pada 31 Maret 2022. (Sumber: Darko Bandic/Associated Press)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Piala Dunia 2022 atau World Cup 2022 semakin mendekat. Berlangsung di Qatar, 21 November hingga 18 Desember 2022, FIFA pun merilis jadwal Piala Dunia 2022 termasuk melakukan drawing di Doha Exhibition and Convention Center, Qatar, pada Jumat (1/4/2022) malam.

Sebanyak 32 tim negara-negara di dunia yang telah melalui tahapan kualifikasi pun sudah melengkapi 8 grup sebagai kontestan.

Berikut daftar lengkap negara-negara beserta grup-grup World Cup 2022.

  • Grup A
  1. Qatar
  2. Ekuador
  3. Senegal
  4. Belanda

Grup A menjadi salah satu grup yang berisi 4 negara dari 4 benua. Tuan rumah Qatar sangat dimungkinkan menjadi yang paling meriah dalam hal suporter.

Baca Juga: Kontestan Piala Dunia 2022 Sudah Lengkap: Kosta Rika Rengkuh TIket Terakhir

  • Grup B
  1. Inggris
  2. Iran
  3. Amerika Serikat
  4. Wales

Ada 2 negara Britania Raya yang bersaing langsung di fase grup, yakni Inggris dan Wales. Mereka mungkin berharap bertemu di fase penyisihan agar tidak saling 'tusuk' di awal.

  • Grup C
  1. Argentina
  2. Arab Saudi
  3. Meksiko
  4. Polandia

Bisa dikatakan salah satu grup neraka World Cup 2022. Argentina juga dipastikan jadi favorit pemuncak klasemen grup. Sementara Meksiko dan Polandia diperkirakan berebut tempat kedua.

  • Grup D
  1. Perancis
  2. Australia
  3. Denmark
  4. Tunisia

Perancis sangat dimungkinkan menjadi pemuncak klasemen dan juara grup dikarenakan komposisi pemain (bertabur pemain bintang juga) dan pengalaman yang mereka punya.

  • Grup E
  1. Spanyol
  2. Kosta Rika
  3. Jerman
  4. Jepang

Salah satu grup neraka lagi. Spanyol dan Jerman mungkin akan jadi juara grup dan runner-up. Tetapi, Jepang tidak akan diam saja.

Baca Juga: FIFA Kunjungi Stadion Manahan, Gibran Sebut Sarana dan Prasarana untuk Piala Dunia U20 Sudah Siap

  • Grup F
  1. Belgia
  2. Kanada
  3. Maroko
  4. Kroasia

Belgia dan Kroasia dipastikan menjadi favorit di grup. Dua playmaker kawakan Kevin de Bruyne dan Luka Modric akan bertemu lagi usai semifinal Liga Champions 2021/2022.

  • Grup G
  1. Brazil
  2. Serbia
  3. Swiss
  4. Kamerun

Baca Juga: Gara-gara Komentar Menpora, FIFA Ancam Tunisia Ditendang dari Piala Dunia 2022

Brazil dipastikan menjadi favorit juara grup karena komposisi pemain bertalenta yang cukup banyak, serta pengalaman yang mumpuni di kasta piala dunia.

  • Grup H
  1. Portugal
  2. Ghana
  3. Uruguay
  4. Korea Selatan

Grup lainnya yang diisi 4 negara dari 4 benua dan bisa dibilang salah satu grup neraka juga. Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan merupakan 'langganan' piala dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x