Kompas TV olahraga kompas sport

Lolos Piala Asia 2023, Hal Ini Harus Dipersiapkan Timnas Indonesia agar Tak Hanya Jadi Penggembira

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 18:42 WIB
lolos-piala-asia-2023-hal-ini-harus-dipersiapkan-timnas-indonesia-agar-tak-hanya-jadi-penggembira
Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 setelah terakhir kali tampil di Piala Asia pada 2007 silam saat menjadi tuan rumah. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Nasional (Timnas) Indonesia akhirnya kembali tampil di Piala Asia setelah terakhir kali mentas pada 2007 silam. 

Penantian pun berakhir setelah 15 tahun berselang dan Indonesia akan kembali tampil di Piala Asia 2023.

Dalam sejarahnya, sebelum lolos ke Piala Asia 2023, Indonesia pernah empat kali tampil di putaran final. 

Kesempatan itu terjadi di tahun 1996, 2000, 2004 dan 2007 saat menjadi tuan rumah. 

Namun dari empat edisi Piala Asia itu, Timnas Indonesia selalu gagal melaju ke fase gugur dan kandas di penyisihan grup. 

Tentu kegagalan di empat edisi sebelumnya tak ingin kembali diulang pada Piala Asia 2023 mendatang. 

Meski jauh untuk menjadi juara Asia, Indonesia setidaknya harus bisa tampil membanggakan untuk meraih hasil yang lebih baik dengan lolos dari fase grup. 

Menurut wartawan olahraga Harian Kompas Yulvianus Harjono, banyak hal yang harus dipersiapkan Timnas Indonesia dalam kurun waktu satu tahun ke depan sebelum Piala Asia. 

Baca Juga: Meski Lolos Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia Gagal Penuhi Target Awalnya

Menurut Yulvianus, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mempertahankan Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala di Timnas Indonesia senior. 

Seperti yang diketahui, ada wacana untuk menurunkan Shin Tae-yong agar fokus ke Timnas U19 yang akan tampil di Piala Dunia U20 2023.

"Yang pertama, saya berharap Shin Tae-yong tetap dipertahankan memegang tim ini walau ada spekulasi dirinya akan diturunkan untuk memegang tim U19," kata Yulvianus dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Rabu (15/6/2022). 

"Karena skuad ini (tim senior) sudah pegangan dia dari awal dan saya kira perlu dipertahankan. Capaian ini juga tidak semudah membalikkan tangan karena sudah lama prosesnya."

"Sudah dari dua tahun ke belakang, sudah melewati banyak turnamen dan nanti di Piala AFF 2022 bisa menjadi pembuktian lain tim ini agar bisa tampil semakin matang supaya di Piala Asia bisa unjuk gigi lolos ke babak selanjutnya," jelasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x