Kompas TV olahraga kompas sport

Pengamat: Shin Tae-yong Berperan Besar Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 18:07 WIB
pengamat-shin-tae-yong-berperan-besar-bawa-timnas-indonesia-lolos-ke-piala-asia-2023
Pelatih Shin Tae-yong dinilai adalah orang yang paling berperan besar membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Sumber: Instagram @afcasiancup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penantian Indonesia untuk tampil di putaran final Piala Asia 2023 akhirnya tuntas pada Rabu (15/6/2022) dini hari. 

Kemenangan 7-0 Timnas Indonesia atas Nepal membuat Merah Putih berhak berkibar di turnamen sepak bola terbesar antar negara Asia tahun depan. 

Sama sekali tak diunggulkan untuk lolos karena harus bersaing dengan tuan rumah Kuwait dan Yordania, Saddil Ramdani dan kawan-kawan mampu membalikkan prediksi tersebut. 

Membuka babak Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan kemenangan 2-1 atas Kuwait, Indonesia harus menelan kekalahan di laga kedua atas Yordania dengan skor 1-0.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia sulit untuk lolos ke Piala Asia 2023 sebagai juara grup dan harus meraih tiket melalui jalur runner-up terbaik. 

Untungnya, kekalahan Filipina dari Palestina 4-0 di grup lain dan Yordania yang berhasil mempermalukan Kuwait dengan skor 3-0 di laga terakhir, menjadi penanda terbukanya jalan Indonesia untuk lolos ke Piala Asia. 

Skuad Garuda pun hanya butuh meraih kemenangan dengan skor berapa pun atas Nepal di laga terakhir. 

Tak tanggung-tanggung, Garuda malah tampil trengginas dan sukses menggelontorkan tujuh gol ke gawang Nepal. 

Baca Juga: Daftar Tim Lolos Piala Asia 2023: Termasuk Timnas Indonesia, Asia Tenggara Kirim 4 Wakil

Keberhasilan Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023 ini tentu merupakan buah kerja sama dari banyak pihak mulai dari federasi, staf pelatih hingga para pemain. 

Namun tak dipungkiri, salah satu orang yang paling berperan besar membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 adalah Shin Tae-yong. 

Pelatih asal Korea Selatan itu mampu meracik taktik yang tepat serta membakar semangat para pemain untuk tampil maksimal di setiap laga yang dijalani. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x