Kompas TV olahraga kompas sport

Shin Tae-yong: Di Piala Asia Tahun Depn, Kami Siap Tunjukkan Kekuatan Timnas Indonesia

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 14:51 WIB
shin-tae-yong-di-piala-asia-tahun-depn-kami-siap-tunjukkan-kekuatan-timnas-indonesia
Shin Tae-yong ingin menguji Timnas Indonesia saat melawan Bangladesh sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

KUWAIT CITY, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia memastikan diri tampil di putaran final Piala Asia 2023. Shin Tae-yong selaku pelatih Garuda mengaku siap menunjukkan kekuatan Indonesia di Piala Asia tahun depan. 

Kepastian skuad Garuda melaju ke Piala Asia 2023 didapat setelah mengalahkan Nepal dalam matchday terakhir Grup A babak kualifikasi, Rabu (15/6/2022) di Stadion Jaber Al Ahmad, Kuwait City. 

Indonesia menang dengan skor telak 7-0 berkat dwigol Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, serta Marselino Ferdinan. 

Baca Juga: 3 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia vs Nepal: Penantian 15 Tahun Garuda ke Piala Asia

Hasil tersebut membuat Indonesia lolos sebagai salah satu dari lima runner up terbaik. Total, Indonesia mengoleksi 6 poin dari 3 pertandingan. 

Ini merupakan kelolosan pertama Indonesia ke Piala Asia sejak menjadi tuan rumah pada 2007 silam. 

Pasca laga berakhir, Shin Tae-yong selaku pelatih bertekad membuat Timnas Indonesia semakin kuat untuk Piala Asia 2023. 

"Saya tidak yakin kapan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia, di luar lolos otomatis sebagai tuan rumah pada 2007," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan. 

Baca Juga: Ranking FIFA Kontestan Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Paling Bawah?

"Namun, dengan kualifikasi ini berakhir, kami akan melangkah lebih jauh dan kami akan mencoba menjadi tim yang lebih kuat." 

"Ketika kami pergi ke kompetisi (Piala Asia) tahun depan, kami akan siap untuk menunjukkan bagaimana kekuatan kami di turnamen tersebut," tandas pelatih asal Korea Selatan. 

Menurut jadwal, Piala Asia 2023 baru akan bergulir mulai 16 Juni tahun depan. 

Sebelumnya, Piala Asia 2023 bakal diselenggarakan di China. Tetapi, China mundur sebagai tuan rumah. Hingga saat ini, belum ada tuan rumah resmi Piala Asia 2023. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x